Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Termurah

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Termurah

Diposting pada

Memiliki kendaraan, khususnya mobil pastinya menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Mobil bisa jadi sebuah symbol kesuksesan seseorang karena dianggap mampu secara finansial. Karenanya mobil butuh dirawat dan dijaga agar tetap bisa mendukung produktivitas pemiliknya.

Asuransi mobil memberikan perlindungan kepada kendaraan Anda, terutama mobil. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kecelakaan, kebakaran, sampai bencana alam.

Mengenal Asuransi Mobil di Indonesia

Mengenal Asuransi Mobil di Indonesia

Asuransi mobil adalah asuransi yang diberikan oleh perusahaan asuransi untuk melindungi mobil Anda dari bahaya kerusakan. Baik kerusakan yang bersifat kecil seperti tergores, hilang, atau kerusakan parah seperti kebakaran atau terkena bencana alam.

Melalui proteksi yang diberikan melalui asuransi mobil, perusahaan asuransi akan mengcover biaya kerusakan dan melindungi mobil Anda dari hal-hal yang merugikan selama satu tahun.

Jangka waktu premi untuk asuransi mobil adalah satu tahun. Ketentuannya diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Surat Edaran OJK Nomor 6 / SEOJK.05/2017 mengenai Penetapan premi atau kontribusi pada Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor.

Besarnya premi yang ditetapkan untuk kendaraan bermotor, terutama mobil ada dua jenis. Yaitu polis TLO dan polis All Risk.

1. Polis TLO

Polis TLO atau Total Loss Only adalah polis yang diberikan dengan mengcover kerusakan parah saja, yaitu lebih dari 75 persen harga mobil. Biayanya mulai Rp. 385.000 pertahun.

2. Polis All Risk

Polis all risk akan mengcover biaya penanggungan seluruhnya ketika mobil mengalami kerusakan. Baik kerusakan kecil maupun kerusakan parah. Biaya preminya tentu saja lebih besar, yaitu mulai Rp. 2.100.000 per tahun.

Masing-masing polis punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karenanya nasabah harus bisa mempelajari polis terlebih dulu sebelum memutuskan mau mengambil polis yang mana. Sesuaikan dengan kebutuhan mobil Anda.

Bagi yang berniat ingin menolong orang lain lewat asuransi, bisa menggunakan asuransi syariah yang lebih mengedepankan sharing risk, atau uang premi yang dibayarkan akan diputar untuk diberikan kepada anggota lain yang membutuhkan.

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Termurah

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Termurah

Memlilh asuransi mobil memang gampang-gampang susah. Masing-masing perusahaan asuransi mobil memiliki peraturan dan pelayanan yang berbeda.

Beberapa tips berikut ini bisa dijadikan pedoman untuk memilih asuransi mobil di Indonesia yang terpercaya, diantaranya :

1. Pilih Jenis Asuransi Mobil di Indonesia yang Sesuai

Hal yang paling utama sebelum memilih asuransi mobil adalah jenis asuransi mobilnya. Apakah TLO atau all risk. Pelajari dulu mengenai polis yang akan diambil dan juga daerah mana tempat tinggal Anda. Untuk kota besar yang rawan macet dan rawan lecet, asuransi all risk lebih cocok. Sementara untuk Anda yang tinggal di daerah rawan kriminalitas, lebih pas menggunakan asuransi TLO.

2. Cari Asuransi Mobil di Indonesia Pihak Ketiga

Asuransi mobil pihak ketiga adalah jenis asuransi yang diberikan ketika Anda melibatkan pihak ketiga. Misal Anda tidak sengaja menabrak mobil lain sehingga mobil tersebut mengalami kerusakan. Biaya kerusakan dari mobil yang Anda tabrak tadi akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi mobil.

Asuransi mobil jenis ini tentu saja punya pengecualian, terutama jika menyangkut masalah negative. Seperti pengemudi tidak punya SIM, pengemudi dalam keadaan mabok dan lain-lain.

3. Membandingkan Polis dari Berbagai Perusahaan Asuransi Mobil di Indonesia

Membandingkan berbagai polis dari beberapa perusahaan asuransi mobil di Indonesia, bisa memberikan kita gambaran mengenai perusahaan asuransi mobil yang bersangkutan. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga kemampuan Anda.

4. Pilih Perusahaan Asuransi Mobil yang Terpercaya

Asuransi mobil yang terpercaya adalah asuransi yang sudah dikenal banyak masyarakat dan mendapat banyak review positif. Pelayanannya memuaskan dan tidak memiliki banyak complain. Pilihlah yang pelayanannya ramah dan mempermudah dalam segala macam prosesnya.

5. Pilih Perusahaan Asuransi Mobil yang Punya Bengkel Rekanan Luas

Asuransi mobil biasanya bekerja sama dengan bengkel mobil resmi dari brand mobil Anda. Tapi ada juga perusahaan asuransi mobil yang bekerja sama dengan bengkel tidak resmi. Nyatanya tidak semua perusahaan asuransi yang punya akses ke bengkel mana saja. Biasanya ditentukan dan terbatas.

Carilah yang bisa memberikan kelonggaran dan kemudahan dalam mengecek kerusakan bengkel. Keadaan seperti akan menguntungkan terutama ketika Anda berada di lokasi yang tidak terdapat bengkel resmi mobil Anda.

Rekanan bengkel yang lebih luas akan mempermudah Anda memeriksakan mobil. Salah satu Asuransi mobil yang punya rekanan bengkel banyak yaitu ACA Otornate Solitaire dari ACA.

6. Bandingkan Harga Premi dengan Pelayanannya

Premi asuransi mobil bisa sama jumlahnya di beberapa perusahaan asuransi mobil. Tapi fasilitas dan pelayanan yang diberikan bisa berbeda. Ada asuransi mobil yang hanya menanggung kerusakan cover mobil saja. Tapi ada juga asuransi yang menanggung kerusakan mobil sekaligus pengemudi dan penumpangnya.

Carilah yang memberikan fasilitas dan pelayanan ekstra dan terbaik serta menguntungkan bagi Anda.

7. Lengkapi Syarat Asuransi Mobil di Indonesia

Setelah menentukan mana asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Saatnya melengkapi segala persyaratannya. Carilah asuransi mobil yang syaratnya umum dan tidak memberatkan.

Syarat umum asuransi yaitu : formulir pendaftraan asuransi mobil, fotocopy Surat Tanda Nomor kendaraan (STNK), Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Fotocopy dan Surat asli dari Surat Ijin Mengemudi (SIM), Surat asli NPWP atau SIUP dan untuk warga negara asing wajib menyerahkan KITAS atau KITAP

Itu dia beberapa tips yang bisa digunakan untuk mencari asuransi mobil di Indonesia yang terbaik dan termurah. Tentukan pilihan Anda dan selamat menikmati perjalanan bersama mobil istimewa Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *