Apa Saja Jenis Investasi Leher ke Atas?, Pentingnya Layanan Cloud

Penjelasan Cloud Service dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Diposting pada

Bekerja bersama-sama yang dipisahkan jarak, seperti pada kondisi pandemi covid-19 yang mengharuskan bekerja dari rumah, ternyata agak sulit dilakukan jika mengandalkan metode yang tradisional. Solusi untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan cloud service atau layanan cloud.

Belum banyak masyarakat awam yang mengetahui dengan jelas apa sebenarnya layanan cloud dan mengapa dapat memudahkan pekerjaan. Padahal, dengan menggunakan layanan cloud, Anda dapat bekerja dengan lebih mudah tanpa harus bertatap muka dan dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dengan lebih fleksibel. Anda juga dapat menjadi lebih mudah berinteraksi dengan tim atau partner kerja. Bagi Anda yang belum mengetahui tentang layanan cloud ini, sebaiknya simak baik-baik penjelasan lengkapnya berikut ini.

Penjelasan Singkat

Merujuk pada Citrix, layanan cloud adalah layanan penyimpanan berbasi komputasi awan yang diberikan kepada pengguna dengan mengandalkan koneksi internet. Hadirnya layanan ini bertujuan agar sebuah perusahaan atau organisasi dapat lebih mudah, cepat, serta murah dalam melakukan kegiatan tanpa membutuhkan infrastruktur yang rumit.

Perusahaan atau organisasi dapat menghemat pengeluaran dengan menggunakan layanan cloud dalam menjalani kegiatan bisnis atau organisasinya. Perusahaan tidak lagi menghabiskan biaya besar untuk pengadaan server fisik dalam kegiatan bisnisnya, sehingga dengan layanan cloud semua kebutuhan terkait pengadaan server terpenuhi dengan biaya yang lebih efisien.

Pentingnya Layanan Cloud

Pentingnya Layanan Cloud

Terdapat beberapa alasan yang membuat cloud service menjadi sangat penting, seperti:

1. Pengembangan bisnis lebih baik

Dengan layanan cloud, perusahaan atau organisasi tidak lagi memikirkan infrastruktur yang dibutuhkan, sehingga dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada agar bisa meningkatkan kualitas produk atau jasa yang dihasilkan. Perusahaan juga dapat mengembangkan bisnis ke depannya dengan lebih mudah.

2. Mengurangi biaya

Apabila belum menggunakan layanan cloud, perusahaan akan mengeluarkan biaya untuk perawatan atau pembaruan baik software atau hardware. Tetapi dengan adanya layanan cloud hal tersebut dapat dihindari sehingga dapat mengefisienkan biaya besar.

Perusahaan hanya perlu membayar berbagai fasilitas yang disediakan oleh penyedia layanan cloud sesuai dengan penggunaan untuk kebutuhan perusahaan. Urusan perawatan dan masalah lainnya menjadi tanggung jawab penyedia layanan.

Beberapa penyedia bahkan menawarkan program berlangganan sehingga perusahaan lebih mudah mengatur pengeluaran setiap bulannya. Jika suatu saat perusahaan merasa sudah tidak membutuhkan layanannya lagi, maka perusahaan hanya perlu melakukan pemberhentian langganan.

3. Meningkatkan fleksibilitas

Masih berhubungan dengan pembahasan sebelumnya, perusahaan bisa menghentikan berlangganan jika dirasa sudah tidak membutuhkan layanan tersebut. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri, karena perusahaan lebih fleksibel jika harus menambah atau mengurangi kebutuhan untuk bisnisnya. Sebaliknya, jika kapasitas perusahaan semakin besar, penggunaan cloud juga bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu penyedia layanan cloud adalah neuCentrIX yang menawarkan fleksibilitas bagi para pelanggan. Layanan dari neuCentrIX ini dapat memenuhi kebutuhan perusahaan Anda secara spesifik, mulai dari berbagai penggunaan, pengembangan berskala besar, hingga beberapa penyesuaian yang mungkin dibutuhkan ke depannya. Dapatkan info lengkap disini mengenai layanan cloud neuCentrIX.

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.