Rekomendasi Makanan Khas Tasikmalaya yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Rekomendasi Makanan Khas Tasikmalaya yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Diposting pada

Tasikmalaya menjadi salah satu destinasi wisata populer, yang berjarak kurang lebih 120 kilometer dari ibu kota Provinsi Jawa Barat, Bandung. Kota dengan julukan Sang Mutiara dari Priangan Timur ini dikaruniai bentang alam yang mengesankan, yang membuat Kota Tasikmalaya memiliki banyak spot menarik, dari pantai hingga dataran tinggi yang eksotik.

Akses menuju Kota Tasikmalaya juga mudah. Dari Bandung, kamu memiliki banyak pilihan moda transportasi umum untuk menuju ke kota ini. Salah satu opsi yang bisa dipilih adalah dengan naik bus Primajasa ke Tasikmalaya, yang menawarkan sensasi perjalanan yang mengesankan dengan suguhan pemandangan alam yang istimewa. Dijamin perjalanan kamu bakal penuh kenangan mengesankan.

Sesampainya di Kota Tasikmalaya, kamu bisa langsung menuju ke berbagai destinasi wisata yang menarik, mulai dari menjelajah Gunung Galunggung, mengunjungi Kampung Naga yang memiliki banyak nilai budaya dan sejarah, menyambangi gua bawah tanah Gua Safarwadi Pamijahan yang eksotik, menikmati pesona Pantai Karang Tawulan dan Pantai cipatujah, bahkan bermain air sepuasnya di Ampera Waterpark atau Sukahaji Waterboom, wahana edukasi dan permainan air yang menyenangkan, dan masih banyak lagi lainnya.

Rekomendasi Makanan Khas Tasikmalaya yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Selain berwisata dan berpetualang, kamu juga jangan melewatkan kesempatan menikmati kuliner dan makanan khas Tasikmalaya yang pastinya memiliki cita rasa berbeda dari daerah lain di Jawa Barat. Penasaran dengan makanan khas Tasikmalaya yang bisa kamu coba dan bakal mengesankan lidah kamu, lihat daftar kulinernya di bawah ini, ya!

1. Nasi Cikur yang Penuh Rasa

Nasi cikur menjadi salah satu makanan khas Tasikmalaya yang wajib dicoba, terutama saat momen sarapan atau makan siang. Yang istimewa ada pada nasinya, yang dimasak dengan menggunakan berbagai bumbu dan menghasilkan cita rasa gurih dan sedap. Piliha lauknya juga beragam, dari telur goreng, tahu hingga kering tempe kacang serta krupuk sebagai penambah cita rasa.

2. Soto Ayam Pataruman

Tasikmalaya juga punya soto khas, yaitu soto ayam Pataruman. Yang membedakan soto ini dengan sajian soto dari daerah lainnya adalah kuah santan yang super gurih dan sedap dengan isian soto yang lengkap, dari suwiran daging ayam, ati ampela, ceker dan banyak lagi lainnya. Makan satu porsi soto ini dijamin bakal kurang.

3. Kupat tahu Tasikmalaya yang sedap

Makanan khas Tasikmalaya lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah kupat tahunya. Dengan isian utama irisan ketupat dan tahu goreng, yang istimewa dari kupat tahu Tasikmalaya adalah saus sambal kacang yang disiramkan ke atas sajian ini. Selain gurih dan lezat, pedasnya saus sambal kacang memberikan kenikmatan tersendiri kala mencoba kuliner khas ini.

4. Godeblag Kuliner Tradisional nan Istimewa

Makanan khas dari Tasikmalaya bernuansa tradisional adalah camilan bernama godeblag. Kuliner ini terbuat dari singkong, yang menawarkan sensasi asin bagi yang yang mencobanya. Untuk mendapatkannya, kamu bisa menemukan camilan ini di pasar-pasar tradisional, atau langsung menuju ke kawasan Manojaya, yang merupakan sentra penghasil Godeblag di Tasikmalaya.

5. Es Bojong yang Menyegarkan

Ingin mencari minuman yang segar di Tasikmalaya, Es Bojong bisa menjadi jawabannya. Minuman ini mirip dengan es campur di daerah lain, dengan banyak ragam isian sebagai bahan utama, seperti buah-buahan, kelapa muda, tape ketan, cincau dengan gula merah sebagai pemanis dan santan segar serta es batu untuk membuatnya menarik dinikmati di cuaca panas.

6. Kolontong dengan Sensasi Gurih Manis

Satu lagi camilan yang wajib dicoba saat ke Tasikmalaya, yaitu kolontong. Makanan ini terbuat dari beras ketan dan dimasak dengan cara digoreng dengan menggunakan pasir. Cita rasa yang ditawarkan adalah gurih dengan tekstur yang renyah. Banyak tempat untuk bisa mendapatkan camilan ini, terutama di pasar-pasar rakyat.

7. Ladu yang Manis

Tasikmalaya juga punya camilan dengan rasa manis, yaitu ladu. Makanan ini terbuat dari beras ketan dan biasanya disajikan dengan warna hitam maupun putih. Teksturnya seperti dodol, namun rasanya sedikit berbeda dan cenderung manis. Tak sulit mendapatkan makanan ini untuk dijadikan oleh-oleh karena ada banyak penjual ladu di Kota Tasikmalaya.

8. Bubur Tasik yang Lain Daripada yang Lain

Bubur tasik berasal dari bahan yang sama dengan olahan bubur kota lain. Yang membedakan adalah topping yang dipilih dan jumlahnya. Bubur tasik terkenal karena memiliki topping melimpah, mulai dari suwiran daging ayam, cakwe, daun bawang, kacang tanah goreng dan masih banyak lagi lainnya. Asyiknya, kamu tak perlu bingung mencari makanan ini karena ada banyak penjual bubur tasik, terutama di pagi hari karena makanan khas Tasikmalaya ini paling pas dinikmati untuk sarapan.

9. Mie Bakso Babat yang Menyegarkan

Mie bakso babat khas Tasikmalaya mendapatkan reputasinya karena tekstur mie yang lembut, topping babat yang kenyal dan kuah kaldu yang segar dan gurih. Dengan menjadikan tepung terigu dan telur sebagai bahan utama menjadikan mienya memiliki kualitas yang baik. Sementara untuk toppingnya, ada banyak varian yang bisa dipilih, termasuk babat, pangsit atau ceker ayam. Dengan tambahan sambal, dijamin kamu akan mendapatkan mie bakso babat yang istimewa.

10. Sambal Goang untuk Sensasi Pedas yang Nikmat

Sambal goang menjadi salah satu kuliner khas Tasikmalaya yang wajib dicoba, apalagi bagi pecinta pedas. Sambal ini paling pas dijadikan makanan pendamping nasi tutug oncom, ayam goreng atau ikan goreng atau pepes.

Itulah rekomendasi makanan yang wajib kamu coba selama di Tasikmalaya. Siap untuk berpetualang ke Tasikmalaya dengan memesan tiket bus di Traveloka?

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.