Mengulik Patung Buddha 4 Wajah di Surabaya, Menarik!

Four face buddha atau patung buddha 4 wajah memang menjadi ikon menarik yang ada di Bangkok, Thailand. Banyak wisatawan Indonesia yang berwisata ke Thailand untuk berkunjung ke bangunan patung Buddha 4 wajah.

Namun, kini kamu enggak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk melihat patung Budhha 4 wajah. Pasalnya, ada patung Buddha 4 wajah yang berdiri megah di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di kawasan Pantai Ria Kenjeran Surabaya. Hadirnya patung Buddha dan vihara di Surabaya memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Kamu bisa merasakan keindahan four faces Buddha di Indonesia hanya dengan berkunjung ke Surabaya. Disana berdiri patung Buddha 4 wajah dengan 8 tangan. Patung Buddha 4 wajah yang dilapisi warna emas ini mempunyai tinggi yang jika digabungkan puncak kubahnya bisa mencapai 36 meter.

Patung ini diresmikan pada bulan November 2004. Sejak diresmikannya, kehadiran patung ini tersiar di berbagai penjuru Indonesia.

Makna Patung Buddha 4 Wajah

Makna Patung Buddha 4 Wajah
Makna Patung Buddha 4 Wajah

Mengutip dari merdeka.com, pembangunan patung Buddha 4 wajah ini membutuhkan biaya hampir Rp4 miliar. Patung ini dilapisi oleh emas yang konon didatangkan dari Thailand. Bangunan patung ini didirikan diatas lahan 1,5 hektar dengan luas bangunan 9 x 9 meter.

Patung Buddha 4 wajah dibangun megah dengan Sang Buddha yang duduk di singgasana. Bangunan utama pada patung Buddha mempunyai empat pilar yang berguna sebagai penyangga stupa. Sementara angka 9 menggambarkan ukuran bangunan yang sejatinya adalah simbol dari kesempurnaan.

Angka 9 tersebut menjadikan patung ini sangat unik, karena angka 9 adalah angka tunggal tertinggi. Empat wajah patung Buddha memiliki makna yang melambangkan kebaikan-kebaikan Sang Buddha, yakni adil, pengasih, meditasi, dan murah hati. Sedangkan, 8 tangannya menggambarkan kekuatan Buddha dengan memegang benda-benda berbeda.

Mulai dari memegang cakram, tongkat kebesaran, teratai, kitab suci, cupu berisi air suci, tasbih, dan kerang. Satu tangan kanan memegang dada.

Pendirian patung ini terinspirasi patung Buddha yang ada di Bangkok, sehingga memiliki makna yang serupa. Four face Buddha di Bangkok belambangkan perdamaian dan kesehatan, wajah perlindungan, wajah keberuntungan, dan wajah hubungan baik.

Patung Buddha Termegah di Surabaya

Patung Buddha Termegah di Surabaya
Patung Buddha Termegah di Surabaya

Patung Buddha 4 wajah dilapisi oleh emas yang sangat mewah. Pada saat malam hari, patung ini tetap memancarkan kilaunya. Tinggi patung Maha Brahma atau Buddha 4 wajah ini mencapai 36 meter. Patung ini tercatat sebagai patung tertinggi yang ada di Indonesia, dan sudah tercatat di Museum Rekor Indonesia.

Karena ketinggiannya tersebut, patung Buddha 4 wajah bisa kamu nikmati dari berbagai sudut. Jadi, kamu bisa melihat empat wajah dari patung Buddha dengan mudah.

Selain ada patung Buddha 4 wajah, kamu juga bisa menemukan patung lain untuk dijumpai, yaitu ada patung Ganesha yang digunakan untuk beribadah umat Tionghoa. Ada pula bangunan kecil seperti di Beijing China.

Berwisata ke tempat ini pengunjung bisa menikmati suasana asri dari taman-taman yang ada disekitar patung. Beberapa pohon rindang di tempat ini dapat memberikan kesan nyaman dan menenangkan bagi pengunjung.

Tak sampai disitu, pengunjung juga bisa mendapati patung empat gajah putih dengan empat kaki di setiap sudut. Terdapat ruang meditasi dan kolam renang yang dihiasi tiga bunga teratai serta dua belas lampu dari tembaga dan perunggu yang menambah keestetikan Patung Buddha 4 Wajah di Surabaya.

Kamu juga bisa menikmati keindahan patung Buddha yang ada di penjuru Indonesia. Tercatat ada empat patung Buddha tidur yang megah dan terkenal, diantaranya Vihara Dhammadipa Arama (Malang), Vihara Mojopahit (Mojokerto), Vihara Buddha Dharma 8 Sho (Bogor dan Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong (Semarang).

Ketahui informasi budaya dan sejarah Indonesia lainnya di Indonesia Kaya, yuk!

Tinggalkan komentar