Manfaat Kuliah Online di Masa Pandemi

Online learning telah dijalankan oleh semua lini pendidikan selama satu tahun lebih. Terutama sejak pandemi melanda Indonesia semua kerumunan harus dihentikan sementara waktu. Termasuk sekolah merupakan tempat berkumpulnya anak didik dan pengajar. Sampai kampus pun harus kuliah online.

Kampus lebih beragam latar belakang mahasiswanya jelas harus ditutup dahulu. Perkembangan pandemi tiap daerah yang berbeda-beda diusahkan untuk tidak semakin meluas. Adanya online learning kampus menjadi sepi. Mahasiswa rantau pun harus kembali ke rumahnya masing-masing.

Awal perubahan kuliah dari offline menjadi kuliah online menuntut semua pihak harus melek teknologi. Mahasiswa yang tinggal jauh dari kota harus berjuang untuk mendapatkan sinyal yang lancar. Bahkan sampai dosen yang sudah tua pun harus belajar mengenal teknologi baru untuk menunjang pengajaran yang lancar.

Semua pihak baik pendidik maupun mahasiswa merasakan perjuangan yang tidak mudah di awal kemunculan belajar online. Semakin berjalannya waktu pembelajaran ini semua pihak mulai beradaptasi dan mendapatkan manfaatnya.

Sebelum membahas manfaat dari kuliah online. Perlu diketahui tentang online learning terlebih dahulu. Agar tahu seperti apa dan media apa saja yang diperlukan.

Tentang Online Learning

Perlu diketahui tentang online learning atau kuliah online terlebih dahulu.

Online learning adalah kegiatan belajar mengajar yang menggunakan fasilitas jaringan internet tanpa harus saling bertemu di dunia nyata beserta media penunjangnya. Tempat untuk belajar online dilakukan di rumah atau di mana saja asalkan tidak berkerumunan.

Media yang digunakan berupa laptop atau komputer atau smartphone atau media lainnya yang bisa terhubung dengan internet. Aplikasi yang digunakan untuk belajar online yaitu zoom meeting atau google meet. Dua aplikasi ini yang terkenal di Indonesia.

Manfaat Online Learning di Masa Pandemi

Meski alasan utama pembelajaran online adalah pandemi. Akan tetapi bisa dimanfaatkan untuk seterusnya untuk beberapa pembelajaran. Setelah diterapkan ternyata banyak manfaat yang didapatkan.

1. Efisien Waktu

Jika dulu kuliah harus ke kampus membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Pertama persiapan untuk ke kampus, waktu perjalanan, dan belum tentu tepat waktu. Sejak melakukan belajar online waktu untuk persiapan lebih singkat. Kehadiran mahasiswa tidak punya alasan telat karena macet atau terjebak di perjalanan.

2. Tempat Fleksibel

Belajar daring bisa dilakukan di mana saja asalkan tidak mengganggu kegiatan belajar. Bisa dilakukan di rumah, kafe, atau tempat lainnya bahkan di tempat liburan yang tidak ramai. Mahasiswa atau dosen bisa memilih tempat yang membuat nyaman untuk melakukan proses pembelajaran.

Tidak terpaku lagi harus di kelas-kelas  yang sudah ditentukan. Dengan hal ini bisa membuat mahasiswa nyaman menyimak dosen mengajar. Belajar bisa lebih efektif dan menyenangkan.

3. Hemat Biaya Hidup

Untuk mahasiswa rantau untuk biaya hidup di tanah rantau lumayan ekstra hati-hati penggunanya. Sejak pandemi biaya makan dan kost ditanggung di rumah. Hanya pengeluaran biaya kuliah saja tanpa biaya hidup. Lebih hemat untuk pengeluaran pendidikan.

4. Tidak Ada Jenjang Komunikasi

Biasanya anak muda lebih update tentang komunikasi. Dengan adanya kuliah online baik mahasiswa maupun dosen bisa melakukan komunikasi yang lebih dekat dan personal. Dosen bisa menjadi lebih kenal tentang alat komunikasi mahasiswanya.

Mahasiswa pun merasa tidak ada tembok untuk berkomunikasi dengan dosennya. Saling memahami antar dua perbedaan posisis membuat pembelajaran asyik dan nyaman.

5. Ramah Lingkungan

Kenapa kuliah online bisa ramah lingkungan? Polusi asap kendaraan berkurang. Intensitas aktivitas offline mahasiswa yang banyak bisa dikurangi drastis sejak pandemi. Banyak kertas yang tidak terbuang sia-sia yang digunakan untuk tugas mahasiswa.

Semua tugas atau ujian tidak perlu lagi melalui media kertas. Media yang digunakan lewat email, lebih praktis tidak menambah sampah lingkungan. Sampah bekas makanan menjadi berkurang. Dekat kampus biasanya banyak warung jualan yang menyebabkan sampah plastik.

Belajar lewat online learning perlu mencari kampus yang mendukung fasilitas online untuk seluruh civitas akademik kampus. Salah satunya adalah UHAMKA Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka. Kampus yang menunjang proses kegiatan belajar mengajar dengan online learning.

UHAMKA selain online learning memberikan layanan pelatihan yang berkualitas dan mengeluarkan sertifikat CBT. Guna menunjang keahlian mahasiswa. Media belajarnya menggunakan virtual classroom yang real time. Dukungan penuh terhadap mahasiswa dan dosen. Cepat memberikan respon untuk bertanya berbagai hal. UHAMKA kampus yang sesuai di masa seperti ini.

Tinggalkan komentar