Cara Bikin Seblak Rumahan ala MamaSuka

Cara Bikin Seblak Rumahan ala MamaSuka

Diposting pada

Makanan satu ini pasti sudah sangat familiar di telinga Anda. Terlebih, bagi Anda penyuka makanan pedas dengan berbagai tingkatan level kepedasan. Makanan tersebut dikenal dengan nama seblak yang memiliki segudang variasi pedasnya.

Seblak sendiri termasuk kreasi makanan yang belum lama ini muncul di tengah masyarakat. Meski sempat menuai pro dan kontra karena bahan di dalamnya cukup unik, rupanya seblak tetap mendapat tempat di hati pencinta kuliner.

Makanan khas Sunda satu ini memang mempunyai cita rasa yang lezat. Tidak hanya itu, rasa pedasnya juga membuat siapa saja ketagihan untuk memakannya lagi dan lagi. Apalagi seblak juga mengandung protein yang baik bagi tubuh.

Seblak mulai dikenal berasal dari daerah Parahyangan. Warga Parahyangan inilah yang pertama kali mempopulerkan seblak ke luar daerahnya. Bahkan hingga hari ini seblak menjadi salah satu menu makanan favorit di semua kalangan usia.

Selain enak dan disukai semua orang, seblak juga memiliki keunikan tersendiri. Khususnya bagi masyarakat Bandung yang kreatif dalam berinovasi menemukan variasi makanan baru. Apa saja keunikan dan bagaimana cara membuatnya?

Seblak Rumahan ala MamaSuka

Cara Bikin Seblak Rumahan ala MamaSuka

Seblak rumahan ala MamaSuka bisa menjadi salah satu seblak yang dapat disajikan untuk anggota keluarga di rumah. Seblak ini semakin berkembang dari jajanan tradisional menjadi makanan kekinian dan modern yang diminati.

Rasa pedas dan gurih membuat seblak populer. Seblak sendiri dibuat dari dua bahan utama, yakni kerupuk dan bumbu khas Sunda. Bahan-bahan tersebut mudah ditemukan di pasaran. Bahkan sering ada di dapur sebagai stok makanan bulanan.

Seblak memiliki dua jenis tampilan yang dikenal masyarakat. Seblak kering cukup sulit temukan. Bentuknya seperti bakso goreng atau basreng tetapi dari kerupuk pedas. Seblak kering juga kurang begitu banyak diminat dan dikonsumsi.

Sementara seblak basah disajikan bersama kuah pedas. Variasi seblak basah cukup beraneka ragam. Seperti seblak ceker ayam, seblak mie basah, seblak tulang, seblak bakso, seblak kikir, seblak makroni, atau seblak telur.

Seblak basah paling banyak diburu masyarakat. Apalagi saat dihidangkan dalam kondisi yang masih panas. Sensasi cita rasa seblak basah bercampur kuah pedas yang masih panas mampu memberi kenikmatan dan kelezatan tersendiri.

Tidak hanya itu, tambahan toping dan sayuran juga menambah variasi isian seblak. Toping dan sayuran tersebut dapat memberikan nilai lebih dalam kandungan nutrisi seblak. Jadi tak melulu soal pedas, seblak juga bergizi dan sehat lho!

Bahan-Bahan dan Cara Membuat Seblak Rumahan

Menyajikan seblak di rumah memang tidak boleh sembarangan. Terlebih seblak bukan makanan yang asing untuk dikonsumsi. Cara membuat seblak juga tergolong mudah dan praktis. Bahan-bahannya juga tidak banyak dan tersedia.

Bahan-bahan seblak rumahan

Bahan untuk membuat seblak rumahan tergolong simpel dan sederhana. Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena harga bahan-bahannya sangat terjangkau. Jadi, sebelum memasak dipersiapkan dulu bahan-bahan di bawah ini.

Berikut bahan-bahan seblak rumahan untuk 1 porsi, yaitu:

  • Kerupuk orange atau kerupuk seblak 1 ons
  • Telur 1 butir
  • Sawi hijau 1 buah
  • Sosis sapi 3 buah
  • Bakso sapi 4 buah
  • Telur puyung 6 butir, direbus hingga matang
  • Air panas 400-500 ml atau sesuai selera

Bahan-bahan bumbu seblak rumahan

Setelah menyiapkan bahan-bahan utama untuk membuat seblak rumahan, kini siapkan bahan bumbunya ya. Bahan bumbu termasuk bahan yang penting dalam seblak. Jadi jangan sampai ada bahan bumbu yang kurang atau tidak ditambahkan.

Berikut bahan-bahan bumbu seblak rumahan, yaitu:

  • Bawang putih kecil 1 siung, dikupas kulitnya
  • Kencur 1 ruas, dikupas kulitnya
  • Cabai rawit 3 buah
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk rasa sapi secukupnya atau gunakan kaldu MamaSuka
  • Bubuk cabai 1 sendok teh
  • Minyak goreng 4 sendok makan

Cara membuat seblak rumahan

Semua bahan yang sudah disiapkan akan diolah menjadi seblak rumahan yang nikmat. Oleh karena itu, ikuti setiap langkah di bawah ini. Jangan sampai terlewat agar rasa seblak rumahan Anda gurih, lezat, enak, dan pedas penuh cita rasa.

Langkah-langkah membuat seblak rumahan, yaitu:

  1. Rendam kerupuk orange atau kerupuk seblak dalam air panas dengan waktu perendaman sekitar 10-20 menit. Perhatikan tekstur kerupuk telah empuk. Kemudian sisihkan.
  2. Bersihkan lalu iris kecil-kecil sawi hijau, bakso, dan sosis. Kemudian kupas kulit telur puyuh. Sisihkan.
  3. Haluskan bawang putih, kencur, dan cabai rawit dengan cara diulek hingga lembut dan halus.
  4. Tuangkan minyak goreng dalam wajan panas. Masukkan telur lalu diaduk dan diorak-arik. Tambahkan garam agar memiliki sedkit rasa. Sisihkan.
  5. Tumis bumbu halus di nomor 3 dengan sedikit minyak goreng lalu tunggu hingga aroma harum tercium.
  6. Masukkan kerupuk bersama airnya, telur dan semua bahan yang sudah disiapkan dan diiris ke wajan. Lalu aduk merata. Jika kekurangan air maka tambahankan air panas secukupnya.
  7. Tambahkan garam dan penyedap rasa dengan perbandingan yang sama. Lalu tambahkan cabai bubuk. Campurkan hingga merata dengan sempurna.
  8. Tunggu beberapa saat lalu sajikan seblak rumahan dalam kondisi panas atau hangat.

Anda juga bisa melihat resep seblak rumahan ala MamaSuka dengan mengunjungi website MamaSuka.com langsung. Ada banyak resep lain yang bisa jadi rekomendasi masakan di rumah. Jadi tidak bingung lagi mau masak apa ya!

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.