Cara Menghemat Uang yang Efektif

5 Cara Menghemat Uang yang Efektif dan Efisien

Diposting pada

Sejak kecil hampir semua orang tua mengajarkan anaknya untuk menghemat uang dengan menabung di celengan. Orang tua zaman dulu meyakini bahwa dengan menabung akan menjadi orang kaya.

Sejatinya menabung bukan untuk menjadi kaya saja, melainkan untuk menghargai uang yang dimiliki dengan tidak dihabiskan sia-sia. Sehingga menjadi orang yang boros dan tidak heran jika tidak memiliki tabungan karena uang tidak bersisa.

Seperti pepatah hemat pangkal kaya maka uang yang ditabung akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Itulah mengapa orang yang rajin menabung pasti kaya karena memiliki uang yang banyak.

Selain itu masih banyak manfaat yang akan dirasakan dengan menghemat uang,waktu, tenaga dan lainnya.

Manfaat Berhemat dalam Hidup

Konsep berhemat tidak hanya terpaku pada uang saja, melainkan hemat berlaku juga terhadap waktu, pikiran, tenaga dan lainnya. Misalnya waktu untuk kegiatan produktif digunakan untuk main game.

Contoh lainnya terlalu memikirkan banyak hal, sehingga melupakan hal penting yang harus dilakukan. Karena, ketika seseorang terlalu banyak berpikir maka tidak bisa fokus dengan apa yang seharusnya dikerjakan.

Adapun manfaat berhemat dalam hidup, diantaranya:

1. Jangan Lupa Menabung

Jika kamu ingin memiliki masa depan yang lebih baik maka jangan pernah abai dalam menyisihkan uang yang dimiliki untuk ditabung. Tabungan tersebut akan membuat masa depan tidak begitu kesulitan karena masalah keuangan.

Menabung juga bisa menjadi penolong saat dalam kondisi terdesak dan membutuhkan uang banyak. Oleh sebab itu, berapa pun besarnya sisihkan untuk menabung. Karena perlahan namun pasti uang tersebut akan bertambah banyak .

2. Pahami Prioritas Kamu

Dalam mengelola keuangan kamu harus paham mana yang merupakan kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Dengan begitu kamu dapat menghitung dengan tepat berapa uang yang harus dibagi untuk kebutuhan pokok, menabung, dan lain-lain.

3. Mempersiapkan Pengeluaran

Mungkin kamu berpikir bahwa dalam memikirkan pengeluaran hanya untuk hari ini atau satu minggu kedepan. Sebaliknya, saat menghitung dana pengeluaran jangan lupa menghitung pengeluaran di masa mendatang.

Hal tersebut karena baik hari ini, esok, dan beberapa tahun kedepan uang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan.

4. Bebas dari Stres

Orang yang dapat menghemat uang dengan tepat maka tidak mudah mengalami stres. Karena, tidak pusing memikirkan uang untuk beberapa tahun kedepan. Setidaknya dengan menabung menjadi pegangan di masa krisis.

5.  Terbebas dari Jerat Hutang

Uang tabungan sangat membantu ketika membutuhkan dana untuk hal yang tidak terduga. Yang mana ketika membutuhkan uang tidak pusing cari pinjaman sana-sini, karena sudah memiliki tabungan.

Agar dapat menghemat uang dan mengelolanya dengan tepat maka perlu melakukan beberapa cara menghemat uang yang efektif dan efisien.

5 Cara Menghemat Uang yang Efektif

Cara Menghemat Uang yang Efektif

Menghemat uang tidak sesulit yang kamu pikirkan jika paham mana yang dibutuhkan dan mana yang sekedar keinginan saja. Adapun cara menghemat uang, yaitu:

1. Kurangi Makan di Luar

Makan di luar memang lebih praktis karena tinggal makan saja. Akan tetapi, jika sering makan di luar akan membuat kamu lebih boros dan akhirnya tidak dapat menyisihkan uang untuk ditabung.

Agar bisa menghemat sering-seringlah membuat makanan sendiri di rumah. Kamu bisa masak makanan seperlunya saja untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Sedangkan untuk makan di luar cukup sesekali saja jangan sampai setiap hari.

2. Kontrol Keinginan Belanja

Ketika mengunjungi pusat perbelanjaan atau berselancar di e-commerce pastinya mata akan tergoda dengan barang-barang yang dipajang. Yang mana bukannya belanja sesuai kebutuhan saja malah belanja ini-itu yang sebetulnya tidak diperlukan.

Tidak heran jika ada istilah jangan belanja saat lapar karena pastinya sulit untuk dikontrol. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam memenuhi keinginan dan cukup penuhi kebutuhan saja.

3. Berlibur di Dalam Kota

Liburan sering dikaitkan dengan berlibur ke luar negeri atau ke tempat wisata yang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Padahal kamu bisa berlibur hanya di dalam kota saja jika memang tidak ada dana untuk liburan jauh.

Jangan merasa kecil hati dengan berlibur di dalam kota karena banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk melepaskan penat. Misalnya jalan-jalan ke mall, menonton bioskop, mengunjungi taman kota, dan tempat wisata populer lainnya.

4. Mengajak Teman Berbelanja

Belanja dengan teman bisa juga dijadikan ajang untuk mengehmat uang. Walau begitu tetap harus pandai dalam memilih teman untuk berbelanja.

Lebih baik jika mengajak teman yang memiliki hobi sama. Hal tersebut jika ada promo buy 1 get 1 maka kamu bisa patungan dengan teman. Sehingga dapat menghemat lebih banyak uang pengeluaran.

5. Manfaat Cashback

Cara menghemat uang dengan Cashbac bisa menjadi pilihan tepat. Hal tersebut karena uang Cashbac dapat digunakan kembali untuk kebutuhan belanja berikutnya.

Misalnya manfaatkan Cashbac Easypay dari Cashbac. Belanja dengan Cashbac Easypay ini kamu bisa menghemat uang dengan efisien dan efektif. Hal tersebut karena kamu  akan mendapatkan budget belanja jutaan, cashflow sehat, dan lainnya.

Termasuk cashbac dalam bonus poin rewards, bebas dari biaya apa saja saat melakukan transaksi di Cashbac. Selain itu, kamu akan mendapatkan budget belanja bulanan.

Agar misi dalam menghemat uang berjalan lancar maka kamu dapat memilih Cashbac sebagai alat pembayaran baru. Apalagi cara daftarnya sangat muda, cukup install aplikasi di Google Play Store atau App Store disesuaikan dengan jenis smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.