Cara Mencegah Rambut Rontok dan Rusak Menggunakan Minyak Alami

3 Minyak Alami Atasi Kerontokan Rambut

Diposting pada

Masalah rambut rontok sangat mengganggu karena jika dibiarkan bisa membuat penampilan jadi tidak maksimal. Banyak cara mencegah rambut rontok dan rusak yang bisa dilakukan, salah satunya menggunakan minyak berbahan alami.

Mengatasi kerontokan rambut tidak melulu menggunakan bahan kimia berupa tonik, serum, krim, dan lainnya. Ada banyak minyak alami yang bisa kamu gunakan untuk masalah rambut rusak dan rontok, inilah tiga di antaranya.

Cara Mencegah Rambut Rontok dan Rusak Menggunakan Minyak Alami

Cara Mencegah Rambut Rontok dan Rusak Menggunakan Minyak Alami

Meski di pasaran banyak beredar produk perawatan rambut, lebih baik gunakan minyak alami sebagai cara mencegah rambut rontok dan rusak. Minyak alami sudah pasti aman karena tidak mengandung bahan kimia. Berikut 3 jenis bahan alami yang bisa dipakai:

1. Minyak Macadamia (Macadamia Oil)

Minyak Macadamia kaya akan asam lemak dan kalium. Tingginya kandungan asam palmitoleat membuat minyak Macadamia menjadi bahan populer dalam produk kosmetik untuk merawat serta menghaluskan kulit dan rambut. Minyak ini bekerja dengan cara:

  • Mengatur Produksi Minyak

Produksi minyak berlebih menyebabkan rambut berminyak dan mungkin menjadikan kulit kepala berketombe dan rentan terhadap bakteri. Asam Oleat di dalam minyak Macadamia dapat mencegah produksi sebum berlebih sehingga menghambat pertumbuhan bakteri.

  • Melembabkan Kulit Kepala dan Rambut

Miinyak Macadamia membantu menjaga kelembapan rambut dengan mengatur produksi minyak di kulit kepala. Macadamia mengandung asam linoleat yang berperan meningkatkan fungsi pelindung kulit dan mengurangi kehilangan air.

  • Menutrisi Kulit Kepala

Asam oleat di dalam minyak Macadamia bekerja untuk meregenerasi, melembutkan, dan melembabkan kulit kepala.  Minyak macadamia menutrisi kulit kepala sehingga meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan dari akarnya.

  • Mengatasi Rambut Kering dan Kusut

Minyak Macadamia mengandung asam lemak yang dapat menambah kelembapan pada setiap helai rambut. Ini adalah cara yang bagus untuk menguraikan rambut yang kusut.

  • Memberi Kekuatan Rambut

Minyak macadamia memiliki kandungan magnesium, kalsium, besi, natrium, fosfor, tembaga, serta asam lemak. Kandungan ini diyakini dapat memberikan kilau dan kekuatan pada rambut.

Penggunaan alat penata, seperti catok, pengering, atau bahan kimia pada rambut, berisiko membuat rambut kering, mudah patah, dan akhirnya menimbulkan masalah kerontokan. Maka, gunakan minyak Macadamia untuk melindungi kekuatan rambut.

2. Minyak Biji Chia (Chia Seed Oil)

Chia Seed oil termasuk salah satu minyak alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut. Minyak ini kaya antioksidan sehingga mampu memperbaiki kelembapan rambut dan mencegahnya dari kekeringan.

Rambut kering adalah penyebab utama rambut mudah patah dan rontok. Merawatnya dengan Chia Seed oil secara tidak langsung dapat mengurangi kerontokan rambut mudah patah dan rontok.

3. Cara Mencegah Rambut Rontok dan Rusak dengan Tea Tree Oil

Meski sering dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat, Tea Tree oil ternyata bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Minyak alami ini memiliki kemampuan untuk menyehatkan rambut, mulai dari kulit kepala.

Tea Tree oil bersifat antimikroba, antibakteri, dan anti-inflamasi. Hal ini menjadikan Tea Tree oil sebagai pengobatan ampuh untuk ketombe yang pada akhirnya meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan. Manfaat Tea Tree oil antara lain:

  • Melawan ketombe

Ketombe biasanya disebabkan oleh jamur yang menginfeksi kulit kepala. Sifat antibakteri dan antijamur yang dimiliki Tea Tree oil terbukti mampu mengobati sumber ketombe. Penggunaan minyak ini dapat mengurangi rasa gatal akibat ketombe.

  • Sifat antioksidan dan antimikroba

Tea Tree oil memiliki sifat antimikroba yang dapat meredakan kondisi gatal di kulit kepala akibat penyebab lain, misalnya dermatitis seboroik. Antioksidan yang kuat membantu meringankan kemerahan, gatal, dan nyeri pada kulit kepala.

  • Mengurangi peradangan

Peradangan pada kulit kepala adalah salah satu penyebab utama kerontokan rambut. Antioksidan di dalam Tea Tree oil bersifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah rambut rontok di kemudian hari.

  • Mengatur produksi minyak

Rambut berminyak biasanya disebabkan oleh ketombe atau bakteri di kulit kepala. Tea Tree oil mengatasi penyebabnya sehingga dapat mengatur produksi minyak kulit kepala. Hasil akhirnya, kulit kepala lebih sehat dan rambut tampak lebih baik.

  • Mendukung pertumbuhan rambut baru

Kulit kepala yang sehat penting untuk pertumbuhan rambut baru. Tea Tree Oil membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala. Minyak ini juga menutrisi akar sehingga rambut baru akan tumbuh dengan lebat.

Menggunakan minyak alami untuk masker rambut sering dianggap merepotkan dan kurang praktis. Hal inilah yang menyebabkan orang malas menggunakan minyak alami, belum lagi rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya, seperti berminyak dan lengket.

Namun sekarang kamu tidak perlu repot karena telah ada solusi mudah untuk mengatasi rambut rontok dengan mendapatkan manfaat tiga minyak alami di atas. Ialah TRESemmé yang menawarkan produk untuk mengurangi rambut rontok dan rusak.

TRESemmé menghadirkan sampo dan kondisioner untuk perawatan rambut dengan kandungan ketiga minyak alami. TRESemmé Scalp Care mengandung Tea Tree oil dan ZPTO untuk merawat kulit kepala dan menguatkan akar rambut.

TRESemmé Total Salon Repair dibuat khusus untuk rambut rontok akibat perlakuan salon. Produk ini mengandung minyak macadamia yang dapat menguatkan serta menjadikan rambut berkilau sehat.

TRESemmé Hair Fall Control diformulasikan buat kamu yang memiliki masalah kerontokan sangat parah. Mengandung Chia Seed oil dan vitamin, TRESemmé Hair Fall Control berhasil mengurangi rambut rontok hingga 99%.

Menggunakan minyak alami sebagai cara mencegah rambut rontok dan rusak sangat direkomendasikan. Minyak alami aman diaplikasikan ke kulit kepala dan rambut karena tidak meninggalkan residu kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.