Pada 16 Desember 2022 kemarin, PT Sarimelati Kencana Tbk atau yang biasa dikenal dengan sebutan Pizza Hut rayakan kehadirannya 35 tahun di industri food and beverage (FnB) Indonesia.
Tentu hal ini tidak terlepas dari perjalanan panjangnya untuk mempertahankan bisnis dan menghadirkan inovasi menarik setiap tahunnya bagi para penggemarnya.
Apalagi adanya hantaman Covid-19 pada awal tahun 2020 lalu membuatnya melakukan banyak penyesuaian sehingga tetap dapat berdiri dan produknya masih dinikmati oleh banyak orang hingga hari ini.
Memang bagaimana perjalanan PT Sarimelati Kencana (Pizza Hut Indonesia) dalam 35 tahun ini sehingga masih mampu bertahan untuk memberikan santapan terbaik bagi masyarakat? Simak penjelasannya pada artikel inI!
Sekilas Profil PT Sarimelati Kencana (Pizza Hut Indonesia)
Pizza Hut merupakan salah satu restoran multinasional asal Amerika Serikat yang telah memiliki gerai franchise di lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia.
Sejak 16 Desember 1987, PT Sarimelati Kencana Tbk yang bergerak di layanan ritel makanan cepat saji mendapatkan hak waralaba tunggal untuk merek Pizza Hut.
Lalu kemudian sang pemilik PT Sarimelati Kencana yaitu Alwin Arifin mulai mendirikan gerai restoran Pizza Hut perdananya di Djakarta Theatre, Thamrin , Jakarta Pusat.
Restoran ini kemudian harus dipindahkan ke Gedung Menara Cakrawala yang masih berada pada wilayah yang sama dan masih berdiri serta aktif melayani pelanggan hingga detik ini.
Status Kepemilikan PT Sarimelati Kencana Tbk
Sejak tahun 2004, PT Sarimelati Kencana diakuisisi oleh salah satu produsen tepung terigu ternama di Indonesia yaitu PT Sriboga Raturaya.
Oleh sebab itulah, PT Sriboga Raturaya memiliki kepemilikan saham perusahaan ini bahkan hingga 64,79%.
Terlebih di tahun 2018, setelah berhasil mengoperasikan 400 gerai, PT Sarimelati Kencana Tbk berupaya untuk menambah jumlah outlet agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen di Indonesia.
Hal inilah yang membuatnya berhasil melakukan Penawaran Umum Perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham PIZZA hingga hari ini.
Berapa brand yang berada dalam naungan PT Sriboga Raturaya saat ini yaitu mulai dari Marugame Udon, Flour Mills Sriboga hingga yang paling terkenal yaitu Pizza Hut.
Pabrik PT Sarimelati Kencana Tbk
Dalam rangka menjaga kualitasnya, anak perusahaan PT Sriboga Raturaya memproduksi bahan baku sendiri dengan memiliki dua pabrik yang berlokasi di wilayah berbeda.
Pabrik pertama adalah PT Sarimelati Kencana Pulogadung yang berlokasi di Jl. Rawa Ternate 3 kav. 1 No. 1 Kawasan Industri, Pulogadung Jakarta Timur.
Sedangkan pabrik kedua yaitu PT Sarimelati Kencana Cikarang yang bertempat di Pasirranji, Kec. Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Pencapaian Pizza Hut Indonesia di Tahun 2022.
Saat ini, PT Sarimelati Kencana Tbk sudah mengoperasikan lebih dari 500 gerai Pizza Hut di Indonesia dan tersebar di 22 Provinsi di Indonesia.
Menu yang diperkenalkan pun kepada masyarakat sejak awal kehadirannya juga dilakukan secara bertahap. Mulai dari Pan Pizza, kemudian Stuffed Crust Keju di tahun 2003, Stuffed Crust Sosis di tahun 2004, hingga Cheesy Bites di 2007.
Bahkan sampai hari inipun, Pizza Hut Indonesia tetap menghadirkan berbagai inovasi menu menarik untuk menarik hati minat para pelanggannya.
Apalagi, tahun 2022 ini Pizza Hut berhasil mendapatkan banyak pencapaian setelah bertahan dari gelombang pandemi selama kurang lebih 2 tahun, diantaranya adalah:
1. Membuka Outlet Ke-600
Pada November 2022, PT Sarimelati Kencana berhasil mencapai target pembukaan 600 gerai di seluruh Indonesia. Peluncuran gerai terbarunya ini dilakukan untuk gerai Pizza Hut di Perintis Makassar.
Peluncuran gerai terbaru ini merupakan serangkaian dari pembukaan gerai sebelumnya di tahun ini mulai dari Sangatta Kalimantan Timur dan juga Luwuk Sulawesi Tengah.
2. Kantor Restaurant Support Center (RSC) Baru
PT Sarimelati Kencana Tbk tepatnya pada Agustus 2022 juga meluncurkan meluncurkan Restaurant Support Center (RSC) di Gatot Subroto, Jakarta.
Pendirian kantor sekaligus restoran untuk operasi bisnis ini dilakukan untuk mencapai efisiensi yang lebih baik dalam kegiatan usaha dan operasional.
Selain itu, perusahaan ini juga melakukan integrasi antara kantor dengan outlet melancarkan kolaborasi dari tiap divisi yang terlibat.
3. Nilai Penjualan yang Meningkat
Pencapaian lainnya yang juga cukup berarti bagi PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) di tahun 2002 ini adalah peningkatan penjualan khususnya di kuartal kedua.
Perusahaan ini berhasil membukukan peningkatan penjualan sebesar 3,58% per tahun menjadi total Rp1,74 triliun.
Adanya kenaikan penjualan ini tentu mendorong Pizza Hut Indonesia untuk menghadirkan berbagai inovasi untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Itulah sekilas tentang pencapaian dan keberhasilan dari PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) dalam 35 tahun kehadirannya di Indonesia. Semoga dapat terus berkembang dan menghadirkan produk terbaik bagi penggemarnya!