5 Tips Sukses Ekspor Sambal Kemasan dan Raih Cuan Melimpah!

Dunia kuliner Indonesia tidak bisa dipisahkan dari sambal sebagai pelengkap menu makanan sehari-hari. Melihat peluang pasar yang besar mendorong pelaku bisnis mulai merintis bisnis aneka sambal kemasan rumahan. Tak heran jika saat ini bisnis sambal kemasan booming dan menjadi bisnis yang layak diperhitungkan. Bisnis aneka sambal kemasan berhasil meraup cuan yang melimpah.

Beberapa pebisnis bahkan mulai melirik pasar luar negeri dan mulai menjalankan ekspor aneka sambal kemasan. Jika Anda juga tertarik melakukan ekspor bisnis sambal rumahan tapi terkendala modal, Anda bisa mendapatkan pinjaman Rp100 juta dengan mudah yang disediakan khusus untuk pengebangan bisnis UMKM.

Tips Sukses Ekspor Bisnis Sambal Rumahan

Tips Sukses Ekspor Bisnis Sambal Rumahan

Potensi keuntungan besar dari bisnis sambal kemasan rumahan tidak hanya untuk pasar dalam negeri saja. Bisnis ini juga sangat menjanjikan untuk pasar luar negeri dengan target para diaspora dan lingkungannya.

Namun untuk melakukan ekspor suatu produk makanan, terutama aneka sambal kemasan tidak mudah. Anda harus meningkatkan kualitas bahan baku serta melindungi bisnis di bawah kekuatan legalitas yang jelas. Berikut ini beberapa tips sukses yang bisa Anda terapkan untuk melakukan ekspor aneka sambal kemasan ke pasar luar negeri.

1. Gunakan Bahan Baku Berkualitas

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika menjalankan bisnis apapun, sangat penting untuk menggunakan bahan baku berkualitas, apalagi untuk tujuan ekspor aneka sambal kemasan ke pasar luar negeri.

Tujuannya adalah agar pasar luar negeri menerima produk aneka sambal kemasan dalam keadaan baik. Jika Anda menggunakan bahan baku yang dipilih sembarangan, bukan tidak mungkin pasar luar negeri akan kecewa dan mengembalikan satu kontainer produk aneka sambal kemasan yang Anda kirim dengan biaya yang sangat besar.

Jelas hal itu bisa menimbulkan kerugian besar, alih-alih cuan melimpah yang Anda harapkan. Tidak perlu khawatir dengan harga lebih tinggi untuk mendapatkan bahan baku berkualitas, Anda bisa mendapatkan pinjaman Rp100 juta dengan proses cepat dan mudah untuk memenuhi biaya produksi ekspor aneka sambal kemasan.

Dengan begitu, produksi bisnis selalu terjaga kualitasnya, rasa sambal tetap konsisten, produk original, dan dibuat dengan mutu produksi terbaik.

2. Mengurus Perizinan Lengkap

Urusan perdagangan antar negara harus melewati sejumlah aturan dan perizinan legal sebagai syarat wajib. Anda harus mengetahui aturan-aturan ekspor dan lengkapi persyaratan legal yang dibutuhkan dengan lengkap. Setiap negara memiliki aturan masing-masing, begitu pula dokumen legal yang dibutuhkan.

Misalnya Anda butuhkan dokumen pendaftaran produk ke Food and Drugs Administration (FDA), jika akan melakukan ekspor aneka sambal ke Amerika Serikat. Setelah semua dokumen legal yang dibutuhkan telah Anda kantongi, maka urusan ekspor aneka sambal kemasan jadi lebih mudah dan lancar.

3. Pengemasan Sesuai Standar Ekspor

Pengemasan atau packaging merupakan salah satu pertimbangan pasar mau menerima produk Anda, demikian pula halnya dengan pasar luar negeri. Umumnya, pasar luar negeri menilai pengemasan yang menonjolkan sisi estetika, tapi tak hanya itu saja.

Kemasan wajib berkualitas dan sesuai standar ekspor makanan agar isi kemasan tetap terjaga hingga produk sampai ke tangan konsumen. Desain label kemasan juga harus memberi informasi jelas untuk konsumen, terkait rasa, jenis, berat bersih, kandungan bahan, nilai gizi hingga informasi singkat perusahaan.

Dengan membuat kemasan sesuai standar produk ekspor, pasar luar negeri bisa lebih percaya dengan kualitas produk Anda. Urusan pengemasan sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tapi Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mendapatkan pinjaman Rp100 juta untuk UMKM yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis aneka sambal kemasan ke pasar luar negeri.

4. Gunakan Perlindungan Asuransi

Produk aneka sambal kemasan Anda akan melakukan perjalanan melintasi samudera dan benua. Hal ini tentu  menimbulkan risiko besar dalam proses distribusinya. Untuk meminimalisir kerugian akibat terjadinya risiko, sebaiknya Anda melindungi produk aneka sambal kemasan dengan menggunakan asuransi.

Misalnya asuransi pengangkutan produk ekspor yang memberi jaminan perlindungan terhadap kerusakan kargo selama proses pengiriman produk, baik yang dilakukan melalui perjalanan laut, darat, atau udara.

5. Negosiasi Metode Pembayaran

Salah satu yang mengurungkan langkah pebisnis UMKM mengebangkan bisnis ke pasar luar negeri adalah kendala keterbatasan modal bisnis. Jika masalah ini juga terjadi pada Anda, tetap berpegang pada tujuan ekspor dan jangan patah semangat.

Jangan ragu untuk mengajukan penawaran dan negosiasi metode pembayaran dengan pihak konsumen. Misalnya dengan meminta pembayaran uang muka sejumlah 30%-50% dari total pemesanan. Cara lain yang bisa Anda lakukan lebih mudah adalah mengajukan pinjaman yang khusus diberikan untuk bisnis UMKM agar mampu meningkatkan nilai bisnis hingga ke pasar luar negeri.

Pinjaman modal bisnis bisa dengan mudah Anda dapatkan melalui produk loan dari Fazz Business. Anda bisa mendapatkan pinjaman Rp100 juta dengan proses pengajuan yang mudah melalui online serta mendapat persetujuan dengan cepat. Produk pendanaan ini sangat cocok digunakan untuk pebisnis UMKM aneka sambal kemasan yang ingin melakukan pengembangan bisnis dengan tujuan ekspor ke pasar luar negeri.

Fazz Business merupakan solusi tepat pendanaan bisnis Anda. Perusahaan pendanaan ini telah menjadi mitra terpercaya bagi banyak bisnis di Asia Tenggara dalam mengembangka bisnisnya lebih besar lagi. Manfaatkan kesempatan mendapatkan modal pinjaman Rp100 juta agar produk Anda bisa lebih dikenal pasar internasional!

Tinggalkan komentar