Squat Thrust: Pengertian, Manfaat, Gerakan

Squat Thrust: Pengertian, Manfaat, Gerakan

Diposting pada

Olahraga adalah aktivitas gerak yang bermanfaat untuk melatih dan menguatkan tubuh. Ada banyak jenis olahraga tanpa alat yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika mencari olahraga yang berguna untuk melatih seluruh tubuh, cobalah squat thrust.

Melakukan latihan ini memiliki banyak manfaat. Selain melatih kekuatan, gerakan-gerakan di dalamnya juga membantu mengencangkan tubuh dan membakar lemak. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang olahraga ini.

Pengertian Squat Thrust

Olahraga ini merupakan jenis latihan intensitas tinggi dengan gerakan sederhana dan tidak memerlukan peralatan apa pun. Sebelum memulai, pahami dahulu tentang pengertian, manfaat, serta cara melakukan gerakannya dengan benar.

Ini adalah salah satu jenis olahraga calisthenic yang paling efektif untuk latihan kardiovaskular, serta melatih ketahanan dan kekuatan otot. Perlu diketahui, calisthenic adalah bentuk latihan otot yang memaksimalkan penggunaan berat tubuh kita sendiri.

Latihan ini menekankan penggunaan tubuh bagian bawah. Ia menggunakan sebagian besar otot sebelah bawah, seperti perut, dada, paha belakang, trisep, dan paha depan. Bagian atas tubuh yang paling berperan dalam olahraga ini adalah lengan dan bahu.

Meskipun gerakannya fokus pada bagian bawah tubuh, namun squat thrust termasuk dalam full body exercise dan dapat membakar banyak kalori. Melatih tubuh secara rutin dengan gerakan ini memberikan pengaruh baik bagi tubuh, simak manfaatnya.

Manfaat Squat Thrust

Manfaat Squat Thrust

Squat thrust adalah latihan luar biasa yang dapat membantu memperkuat seluruh tubuh. Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan olahraga ini secara rutin.

1. Tidak Membutuhkan Peralatan

Manfaat squat thrust bisa didapatkan hanya dari rumah saja. Tidak perlu pergi ke pusat kebugaran untuk melakukan olahraga ini. Anda juga tidak membutuhkan peralatan apapun karena olahraga ini melatih kekuatan otot dengan menggunakan berat badan.

Seseorang yang suka berolahraga dan sering bepergian sangat cocok mengaplikasikan gerakannya. Ini adalah olahraga yang simpel dan efisien dalam waktu, namun sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Latihan ini akan membuat jantung berpacu lebih cepat dan menghasilkan daya tahan dan kekuatan otot yang maksimal. Selain itu, ia juga meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa lebih banyak darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Tidak hanya menjaga kesehatan jantung, olahraga ini bisa mengurangi berbagai risiko penyakit seperti hipertensi, stroke, hingga obesitas.

3. Menurunkan Berat Badan

Rutin melakukan gerakan squat akan membantu penurunan berat badan lebih cepat. Beberapa penelitian menyebutkan, latihan squat selama 20 menit dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan slow cardio selama satu jam.

Squat thrust adalah metode olahraga kardio dengan intensitas tinggi. Anda bisa mendapatkan manfaat aerobik dari latihan ini, yaitu meningkatnya daya tahan tubuh. Selain itu, squat berfungsi sebagai aktivitas untuk menguatkan otot yang efektif.

Jika Anda suka jogging ketimbang pergi ke pusat kebugaran, lakukan gerakan ini sebagai langkah penghabisan. Saat jogging, Anda akan membakar kalori. Namun, jika menambahkan squat, metabolisme tubuh akan meningkat.

4. Mengencangkan Otot

Ini adalah full body exercise, dimana sebagian besar otot tubuh akan berlatih untuk dikencangkan. Otot-otot di dada, bahu, trisep, perut, paha belakang, bokong, dan paha depan semuanya bekerja melakukan gerakan mendorong, jongkok, dan bangun.

Squat thrust adalah latihan yang sangat baik untuk memperkuat paha depan, bokong, dan paha belakang. Pinggul menjadi lebih kuat dan lincah, kaki Anda juga lebih kuat menopang tubuh bagian atas. Apa saja gerakan yang dilakukan pada latihan ini?

Gerakan pada Squat Thrust

Meski gerakannya simpel, namun latihan ini juga mengandung risiko. Berikut cara melakukan olahraga squat thrust yang benar agar Anda tidak mengalami cidera:

  • Pertama, berdiri tegak di atas kedua kaki dengan posisi bahu terbuka lebar.
  • Kedua, turunkan badan ke posisi jongkok dengan meletakkan kedua tangan di lantai.
  • Ketiga, tendang atau lemparkan kaki ke belakang, atur posisi tubuh lurus dalam posisi plank.
  • Keempat, posisi lengan tetap bertumpu di lantai, lompatlah hingga kedua kaki berada di depan di antara di antara kedua lengan.
  • Kelima, samakan posisi seperti pada langkah kedua di atas, yaitu berjongkok.
  • Keenam, kembali pada posisi berdiri tegak seperti semula.
  • Lakukan satu set gerakan ini sebanyak 10 pengulangan

Jika bosan dengan rutinitas gerakan di atas, maka seseorang bisa melakukan variasi gerakan. Anda bisa menambahkan single push-up setelah plank, lalu kembali ke posisi kedua.

Anda juga bisa melakukan variasi melompat di atas kotak, kursi, atau benda lainnya. Setelah menyelesaikan satu set gerakan, lakukan lompatan yang tinggi sekali saja. Ingin menggunakan dumbbell? Bagi pemula, gunakan dumbbell yang ringan terlebih dahulu.

Apapun gerakan yang Anda pilih, baik dasar maupun variasinya, semua berguna untuk kebugaran tubuh. Squat thrust yang dilakukan secara rutin dapat mengencangkan otot dan membantu pembentukan postur tubuh yang lebih baik.

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.