Jika Anda berkecimpung di dunia bisnis, istilah branding dan marketing sudah pasti tidak asing lagi. Namun, kedua istilah ini seringkali tertukar makna atau dianggap sama. Apa itu branding? Lalu apa yang membedakannya dengan marketing?
Branding dan marketing sesungguhnya cukup berbeda jika dilihat dari scope kerjanya. Meskipun kedua hal tersebut bisa saling berhubungan dan saling mendukung, tetapi pengertian branding dan marketing tetap berbeda.
Agar lebih memahami kedua istilah tersebut, simak terus artikel ini yang akan membahas branding vs marketing dilihat dari perbedaan elemen dan tujuannya.
Perbedaan Branding dan Marketing
Branding maupun Marketing merupakan aktivitas bisnis yang sangat penting dalam strategi pemasaran produk. Untuk itu, seringkali pekerjaan branding dan marketing digabungkan dalam satu divisi yang sama.
Nah, ayo kita pahami pengertian keduanya dan apa saja perbedaan marketing dan branding dari kacamata bisnis.
Apa itu Branding?
Menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong dalam bukunya yang berjudul Principles of Marketing, Branding adalah sebuah simbol, istilah, maupun tanda yang dapat menjadi identitas perusahaan dan produknya.
Branding adalah bagaimana orang lain memandang dan mempersepsikan perusahaan dan produk Anda. Branding dapat dikatakan sebagai rangkaian komunikasi yang sengaja dibentuk sebagai citra atau image sebuah brand/produknya sehingga orang lain dapat mudah mengenali brand/produk dan membedakannya dari perusahaan lain.
1. Elemen Inti Branding
Secara umum elemen pembangun branding dapat berupa logo, lagu, tagline, hingga tone color desain dan cerita visual yang dapat menjadi jembatan komunikasi.
Salah satu contohnya adalah tagline “I’m Lovin It” yang pasti langsung mengingatkan Anda pada restoran McDonalds. Contoh lainnya adalah logo berupa siluet kamera berwarna warni, ketika melihat logo aplikasi tersebut di smartphone, Anda pasti langsung tahu bahwa itu adalah Instagram.
Maka dari itu, elemen branding sangat penting karena menjadi sebuah identitas dan persepsi orang terhadap suatu perusahaan.
2. Tujuan Branding Perusahaan dan Produk
Tujuan branding antara lain:
- Membangun awareness atau kesadaran masyarakat terhadap brand.
- Membuat citra perusahaan
- Meningkatkan dan mempertahankan loyalitas konsumen.
Apa itu Marketing?
Jika branding adalah persepsi orang terhadap brand, maka marketing adalah upaya perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap produk yang ditawarkan dengan menganalisis kebutuhan mereka.
Maka yang dilakukan marketing adalah analisis pasar kemudian merumuskan campaign penjualan yang terarah sehingga konsumen bisa tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
1. Elemen Inti Marketing
Beberapa elemen marketing:
- Strategi pemasaran dan promosi sebagai target dalam memasarkan produk.
- Menentukan unique selling point produk yang ditawarkan.
- Membuat target pasar.
- Laporan pemasaran sebagai penentu kesuksesan strategi marketing yang telah dibuat.
2. Tujuan Marketing Produk
Perbedaan keduanya juga dapat dilihat dari tujuannya. Tujuan marketing antara lain:
- Menyusun segmentasi target pasar atau konsumen.
- Menentukan channel atau cara yang tepat dan optimal untuk iklan.
- Membentuk cara komunikasi pemasaran.
- Membantu tim sales dalam meningkatkan transaksi penjualan.
- Mendorong konsumen agar mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan.
Bangun Branding Bisnis melalui Bus Advertising dari StickEarn
Demikian sedikit ulasan mengenai perbedaan branding dan marketing. Perkembangan teknologi mendukung Anda untuk dapat melakukan branding dan marketing secara offline maupun online.
Sebuah perusahaan start-up di bidang periklanan teknologi, yaitu StickEarn juga memberikan tawaran untuk membantu Anda agar dapat melakukan offline brand marketing secara lebih mudah melalui Bus Advertising.
Bus Advertising menyediakan kesempatan untuk perusahaan Anda membuat konten iklan yang kreatif dan eye-catching sehingga dapat menarik perhatian konsumen Anda melalui offline brand marketing yang disusun dengan optimal.
Bus Advertising menjamin konten iklan yang dibuat tidak akan diabaikan. Iklan juga menyasar target audience yang spesifik pada area tertentu. Partner bus bekerja selama 18 jam sehari yang dapat memberikan brand exposure sangat tinggi sehingga investasi Anda untuk campaign akan memberikan hasil yang maksimal.
Setelah mengetahui apa itu branding dan marketing, kini saatnya Anda mempercayakan branding perusahaan Anda pada Bus Advertising dari StickEarn sekarang juga!




