vitamin B

Kenali Dampak Buruk Kekurangan Vitamin B

Diposting pada

Vitamin B salah satu vitamin yang sangat penting untuk energi tubuh. Jika terjadi kekurangan vitamin B akan berdampak banyaknya penyakit di tubuh. Vitamin B memiliki banyak jenisnya yang fungsinya berbeda-beda, disebut dengan vitamin B kompleks.

Apa Manfaat dari Vitamin B Kompleks?

Apa Manfaat dari Vitamin B Kompleks?

Vitamin B memiliki manfaat yang paling utama adalah sebagai penyedia energi manusia agar tidak mudah kelelahan. Manfaat dari vitamin B kompleks lainnya sebagai berikut:

1. Manfaat  Vitamin B6 dan B3

Dua vitamin B yang membantu dalam mengubah lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi ketika manusia melakukan aktivitas.

2. Manfaat Vitamin B12

Vitamin B12 di tubuh bermanfaat untuk menghasilkan sel darah merah yang fungsinya sebagai transportasi menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika melakukan aktivitas tidak mudah lelah karena oksigen bisa teraliri setiap tubuh dengan baik. Untuk bisa bekerja dengan baik Vit B12 dibantu oleh Vit B6 dan B3.

3. Mencegah Adanya Radang

Kebutuhan vitamin B di masa pandemi ini sangatlah tinggi. Faktor utamanya karena vitamin B bisa mencegah terjadinya radang akut. Virus Covid-19 memberikan efek peradangan, hal ini terjadi karena kekurangan. Agar radang bisa diobati dan tidak bertambah parah maka perlu asupan vitamin B.

4. Metabolisme Menjadi Lancar

Terpenuhinya vitamin B kompleks akan melancarkan metabolisme dari pernafasan, menjaga kesehatan syaraf, sistem pencernaan, dan kesehatan otak.

Dilihat dari manfaat vitamin B untuk tubuh, betapa pentingnya untuk mendapatkan nutrisi yang mengandung vitamin B kompleks. Bagaimana jika terjadi kekurangan vitamin B?Agar menyadari bahwa tubuh sedang kekurangan vitamin B kompleks, selengkapnya baca di bawah ini.

Dampak Buruk Jika Kekurangan Vitamin B

Dampak Buruk Jika Kekurangan Vitamin B

Dari banyaknya jenis Vitamin B maka setiap kekurangan vitamin dengan jenis tertentu akan berdampak berbeda-beda dalam tubuh. Setiap orang akan mengalami dampak berbeda meski kekurangan jenis vitamin yang sama. Di tulisan ini merupakan gejala yang terjadi secara umum.

1. Akibat Kurangnya Vitamin B9

Nama lain dari vitamin B9 adalah folat yang terdapat di setiap makanan. Untuk versi buatan manusia namanya asam folat. Asam folat dihasilkan oleh makanan yang diproses dan difortifikasi.

Jika kekurangan vitamin ini akan menyebabkan cacat lahir bagi ibu hamil, kelelahan, emosi sering naik, anemia, sesak nafas, luka terbuka pada mulut, sulit untuk konsentrasi, dan palpitasi jantung.

2. Akibat Kurangnya Vitamin B1 dan B2

Kedua vitamin ini berfungsi untuk menjaga penglihatan dan kesehatan neurologis/saraf.  Vitamin ini mudah didapatkan dari makanan setiap hari. Orang yang mengalami kekurangan kedua vitamin ini akan menyebabkan mulut pecah-pecah dan tidak sadar diri/bingung. Yang menyebabkan kekurangan vitamin B1 dan B2 adalah orang-orang yang sering mengkonsumsi alkohol.

3. Akibat Kurangnya Vitamin B6

Bagi ibu yang sedang hamil maupun menyusui kebutuhan vitamin B6 harus terpenuhi. Untuk menjaga tumbuh kembang anak tetap sehat dan tidak terlahir dalam keadaan cacat.

Akibat kurangnya vitamin B6 yaitu depresi, gangguan kulit, anemia, dermatitis/kulit jadi gatal-gatal dan ruam, mulut pecah-pecah, kebingungan, mudah infeksi, dan mual.

4. Akibat Kurangnya Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 menyebabkan terganggunya sistem peredaran darah dan sistem saraf.  Penyakit yang terjadi jika sistem peredaran darah terganggu yaitu anemia megaloblastik.

Anemia megaloblastik yaitu pembentukan sel darah dengan bentuk yang tidak normal dari sumsum belakang. Akibatnya sel darah tidak berfungsi dengan normal.

Jika sistem saraf yang terganggu maka akan terjadi depresi maupun demensia. Akibat lainnya yaitu selera makan menurun, sulit BAB, sering kesemutan di kaki maupun tangan, mudah lelah, dan tidak berenergi.

5. Akibat Kurangnya Vitamin B3

Nama lainnya adalah niacin. Vitamin B jenis ini fungsi utamanya untuk sistem pencernaan, nafsu makan yang baik, dan perkembangan sel.

Jika kekurangan vitamin B3 yaitu diare, muntah -muntah, lidah menjadi merah, halusinasi, paranoid, kram perut, mual , hingga mental terganggu.

Dari semua akibat jika kekurangan vitamin B adalah sistem metabolisme tubuh tidak berjalan semestinya. Untuk mencegah asupan vitamin B komplek dalam tubuh maka perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut.

Jenis makananan antara lain sayuran yang berwarna hijau, susu, telor, daging merah, salmon, kuaci, ayam, kerang, legum, hati dan jeroan.

Jika sudah ada gejala kekurangan vitamin B segeralah konsumsi Neurobion. Neurobion merupakan produk vitamin B yang terdiri dari B1, B2, dan B12 yang berfungsi untuk mengatasi gejala kesemutan maupun kebas.

Produk Neurobion ada yang biasa dan Neurobion Forte. Keduanya sama-sama mengandung vitamin B1,B2, dan B12 yang fungsi utamanya untuk mengobati neuropati/kerusakan pada sel pada gejala kebas dan kesemutan. Mengobati kurangnya penyerapan, kekurangan asupan, maupun kehilangan di ginjal. Perbedaannya Neurobion Forte untuk usia lanjut dan penderita diabetes.

Kekurangan vitamin B bisa teratasi dengan Neurobion. Dampak dari kurangnya vitamin B kompleks bisa dicegah dengan sering mengkonsumsi makanan sehat dan rajin minum Neurobion.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *