Manfaat Menjaga Kebugaran Jasmani untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Menjaga Kebugaran Jasmani untuk Kesehatan

Diposting pada

Kebugaran jasmani adalah kondisi tubuh yang mampu menopang aktivitas fisik penuh energik dan tidak mengalami rasa lelah yang hebat. Dengan kata lain kebugaran berkaitan dengan kekuatan tubuh yang dapat bekerja secara optimal.

Untuk menjalankan aktivitas sehari-hari baik yang ringan maupun berat harus didukung dengan kondisi fisik yang sehat, kuat dan bugar. Terutama untuk kebugaran tubuh yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, melainkan baik juga untuk mental health.

Seperti ungkapan yang sudah tidak asing lagi di telinga yaitu Mens Sana in Corpore Sano yang memiliki arti “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kebugaran jasmani yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Manfaat Menjaga Kebugaran Jasmani

Manfaat Menjaga Kebugaran Jasmani untuk Kesehatan

Perlu diketahui bahwa kebugaran jasmani berkaitan erat dengan kesehatan mental. Misalnya tubuh yang bugar tidak akan mudah terserang stres. Sedangkan stres sendiri merupakan reaksi tubuh ketika merespon adanya bahaya, tekanan, dan ancaman.

Oleh karena itu, ketika kondisi fisik mengalami kelelahan yang berat secara alami stres akan muncul. Cara menghindari stres dengan meningkatkan kebugaran jasmani agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit fisik dan mental.

Adapun manfaat menjaga kebugaran jasmani, diantaranya:

1. Baik untuk Kesehatan Tulang

Cara untuk meningkatkan kebugaran tubuh yaitu dengan berolahraga. Olahraga secara teratur akan membuat otot dan tulang menjadi kuat. Dimana tulang yang kuat merupakan salah satu faktor kebugaran jasmani.

Aktivitas olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan tulang yaitu angkat beban. Jalan kaki, bersepeda, atau jogging. Kamu tidak perlu khawatir dengan keringat dan bau badan karena ada Rexona Motionsense.

Dengan adanya teknologi terbaru yang berupa butiran mikro motionsense mampu memberikan kesegaran saat lebih banyak bergerak. Dan, mampu memberikan perlindungan ekstra walau aktivitas fisik terus meningkat.

2. Terhindar dari Penyakit Mental

Saat kondisi tubuh melemah karena kelelahan berat maka respon tubuh akan memunculkan stres. Dari stres inilah dapat beralih menjadi penyakit mental seperti depresi. Sedangkan depresi sendiri tidak dapat diabaikan begitu saja.

Hal tersebut karena depresi berat akan mengganggu aktivitas. Menjadi tidak produktif, malas melakukan kegiatan rutin sehari-hari, kehilangan arah, dan lebih mengerikan lagi tidak adanya keinginan untuk hidup.

Untuk menghindari penyakit mental ini penting sekali dalam menjaga kebugaran jasmani. Caranya dengan menjalankan hidup sehat. Seperti rutin melakukan olahraga, berpikir positif dan menjalani hidup dengan bahagia.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Baru makan sedikit saja berat badan sudah naik. Sedangkan untuk menurunkannya butuh perjuangan besar. Pastinya bikin emosi!

Tidak sedikit yang bermasalah dengan berat badan ini. Tapi, tahukah kamu bahwa menjaga berat badan itu tidak hanya untuk menjaga penampilan saja? Berat badan ideal dapat terhindar dari penyakit obesitas.

Penyakit obesitas ini tidak bisa disepelekan karena jika dibiarkan akan berpengaruh terhadap kinerja organ tubuh. Sehingga, penting untuk menjaga kebugaran jasmani yang secara tidak langsung dapat menjaga berat badan.

4. Terhindar dari Penyakit Kardiovaskular

Jantung, stroke, dan gagal ginjal merupakan penyakit kardiovaskular yang harus dihindari. Penyakit tidak menular ini sama bahayanya dengan penyakit menular paling mematikan sekalipun.

Hingga saat ini saja penyakit jantung masih menduduki peringkat pertama sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Berdasarkan data di tahun 2020 saja terdapat 10 juta orang yang meninggal karena menderita penyakit jantung.

Jadi, agar terhindar dari penyakit kardiovaskular ini harus menjaga pola hidup dan pola makan dengan baik. Caranya dengan menjaga dan meningkatkan kebugaran jasmani melalui berolahraga.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Selain jantung, stroke dan gagal ginjal, penyakit gula darah yaitu diabetes menjadi salah satu penyakit tidak menular yang mematikan. Diabetes muncul karena adanya peningkatan kadar gula dalam darah.

Ketika seseorang menderita diabetes maka sulit untuk sembuh seperti sedia kala. Sebelum menderita penyakit mematikan ini alangkah baiknya menjaga kesehatan tubuh dengan meningkatkan kebugaran tubuh melalui latihan fisik.

Dengan latihan kebugaran ini dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah menjadi stabil.

Pentingnya menjaga kebugaran jasmani memberikan manfaat untuk kesehatan fisik. Seperti terhindar dari berbagai penyakit mematikan kardiovaskular. Selain itu, jasmani yang sehat akan terhindar dari depresi dan penyakit mental lainnya.

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.