Cara Memilih Bantal Hamil yang Berkualitas

Cara Memilih Bantal Hamil yang Berkualitas

Diposting pada

Bantal untuk ibu hamil yang berkualitas adalah salah satu aksesoris yang perlu disediakan saat hamil. Biasanya ibu hamil (bumil) yang perutnya makin lama makin membesar akan merasakan sakit punggung, kram di bagian kaki, dan sering buang air kecil. Keadaan ini membuat tidur bumil tidak nyaman.

Untuk menghindari stres karena kurangnya tidur berkualitas, maka perlu adanya perlengkapan yang memudahkan bumil untuk istirahat. Ingat, bahwa kesehatan ibu akan berpengaruh pada perkembangan bayi di dalam kandungan.

Apa Itu Maternity Pillow?

Maternity pillow atau bantal hamil diciptakan khususnya bagi orang tua modern yang mengutamakan kualitas istirahat untuk bumil. Ada dua tipe bantal yang beredar di pasaran, yaitu wedge dan full-length.

Tipe full-length jika ditinjau dari namanya, tipe ini didesain memiliki ukuran besar. Fungsinya adalah memberikan topangan pada tubuh ibu hamil yang sudah mulai muncul keluhan seperti pada bagian tubuh tertentu.

Selain bagian perut dan punggung, nyeri ibu hamil dirasakan pada daerah pinggul, kepala, serta leher yang terus menghantui para bumil. Tipe full-length tersedia dalam bentuk U, S, dan lain sebagainya didesain sesuai bentuk tubuh ibu hamil yang menonjol di bagian perut.

Berbeda dengan tipe sebelumnya, tipe wedge berbentuk tidak terlalu besar dan panjang. Dilihat dari harganya, bantal tipe wedge juga lebih murah dari pada full-length. Pada intinya, kegunaan kedua tipe tersebut sama. Yaitu mengurangi ketidaknyamanan ibu hamil saat proses mengandung.

Pada saat hamil, bumil akan mengurangi berpelukan dengan pasangan karena tonjolan di perut. Maka dari itu, bagi bumil yang suka tidur dengan memeluk pasangan, disarankan membeli bantal untuk ibu hamil yang berkualitas.

Manfaat Bantal Hamil

Cara Memilih Bantal Hamil yang Berkualitas

Aksesoris bumil yang bisa dikatakan unik ini sebenarnya bukan kebutuhan primer ibu hamil. Namun jika dilihat dari manfaatnya, sebenarnya kegunaan benda unik ini bisa membuat masa kehamilan lebih mudah dan lancar menuju persalinan.

Bantal untuk ibu hamil yang berkualitas didesain mengikuti alur tubuh bumil yang cembung di bagian perut, dan cekung di bagian punggung. Meski hampir mirip dengan guling, namun bentuk yang sedemikian rupa membuat bantal lebih nyaman digunakan bumil saat tidur dari pada guling biasa.

Contohnya saja pada saat tidur miring, bumil bisa menggunakan bantal hamil untuk menopang perut bagian depan. Apalagi posisi seperti ini sering disarankan dokter kandungan untuk memberikan kenyamanan tidur bagi calon ibu.

Bantal khusus bumil masih memberikan manfaat signifikan saat ibu selesai melahirkan. Biasanya pasca melahirkan, ibu akan membutuhkan penopang punggung selama menyusui dan pemulihan setelah melahirkan baik normal maupun operasi.

Menilik dari fungsi jangka panjangnya, maternity pillow direkomendasikan meski harganya tergolong agak mahal dari pada guling biasa pada umumnya.

Cara Memilih Bantal Hamil yang Tepat

Sebagai orang tua modern, memilih bantal untuk ibu hamil yang berkualitas harus menggunakan beberapa pertimbangan. Jangan sampai karena salah pilih, bumil tidak akan mendapatkan kulitas tidur yang baik.

Di pasaran, banyak sekali jenis-jenis bantal untuk bumil. Agar tidak bingung memilih, perhatiakan cara-cara dalam memilih bantal hamil yang tepat sebelum bumil resmi membelinya.

1. Ukuran Bantal

Seperti yang dijelaskan pada tipe bantal wedges maupun full-length, bantal hamil memiliki berbagai macam ukuran. Sesuaikan ukuran bantal yang dibeli dengan ukuran tempat tidur di rumah. Karena jika terlalu besar sementara tempat tidur kecil, bumil justru akan merasa terlalu sempit saat tidur.

2. Bentuk Maternity Pillow

Memilih aksesoris yang satu ini baik itu bentuk U atau bentuk S merupakan hal setiap ibu hamil. Maka dari itu, hanya bumil yang tahu bentuk mana yang paling nyaman untuk tidur. Tentunya harus sesuai dengan bentuk tubuh saat hamil.

3. Bahan

Semakin mahal maternity pillow, biasanya bahan yang digunakan juga semakin bagus. Tekstur yang diusung juga berbagai macam. Bumil perlu melihat harga dan kulitas bahan bantal hamil sebelum membeli.

Gunakan cara-cara memilih bantal untuk ibu hamil yang berkualitas seperti petunjuk di atas. Mothercare memberikan solusi bagi bumil untuk memilih maternity pillow yang cocok dengan selera dan kantong calon orang tua.

Disarankan untuk membeli jenis maternity pillow yang bisa dilepas bagian sarung bantalnya agar mudah saat melakukan pencucian. Seperti yang suah diketahui bahwa saat tidur, bumil sangat mungkin berkeringat. Mencuci secara rutin akan membuat batal tidur lebih awet dan aman dari debut kasur.

Mothercare mempermudah bumil untuk berbelanja perlengkapan bayi dan aksesoris kehamilan lainnya. Dengan berbelanja online, bumil juga tidak perlu repot untuk pergi ke baby shop. Mothercare juga memberikan pelayanan konsultasi sebelum bumil memilih jenis bantal hamil yang berkualitas.

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.