Manajemen Sekolah Adalah: Tujuan, Fungsi, Prinsip dan Karakteristik

Manajemen sekolah merupakan sebuah hal yang penting bagi kelangsungan organisasi dalam bidang administrasi di sekolah. Karena dengan adanya hal tersebut, sekolah dapat menjadi mandiri dan kegiatan yang ada di dalamnya pun dapat dilakukan dengan lebih efektif.

Ada dua faktor yang mempengaruhi manajemen berbasis sekolah, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi segala sesuatu yang ada di dalam sekolah seperti gedung, sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia di dalamnya.

Sementara itu, faktor eksternal yang mempengaruhi manajemen sekolah adalah warga di sekitar sekolah, instansi di sekitarnya serta hubungan sekolah dengan lingkungan sekitarnya tersebut. Tertarik dengan topik satu ini? Ikuti penjelasan berikut hingga selesai, ya.

Apa itu Manajemen Sekolah?

Manajemen sekolah merupakan suatu proses pembuatan rancangan kegiatan sekolah dengan pendekatan politik yang memberikan wewenang lebih banyak pada Kepala Sekolah, serta mendorong tingkat partisipasi masyarakat untuk meningkatkan mutu sekolah.

Hal tersebut dapat didukung oleh SIM sekolah atau Sistem Informasi Manajemen sekolah yang dapat mengendalikan faktor internal manajemen sekolah serta melakukan prosedur untuk pemecahan masalah.

Dewasa ini, sudah banyak sekolah yang menggunakan SIM sekolah dalam mengelola dan menyediakan informasi.

Contohnya pelaksanaan sistem informasi manajemen adalah situs web sekolah, rapor secara daring, sistem e-learning, hingga sistem informasi akademik yang lainnya seperti SSO manajemen sekolah.

Tujuan Manajemen Sekolah

Adapun tujuan utama dari manajemen sekolah yaitu meningkatkan relevansi keadaan nyata di sekolah dengan kurikulum pendidikan yang ada.

Namun, ada tujuan lain dari manajemen ini yaitu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat demi kemajuan sekolah, fleksibilitas pengelolaan kelas dan sekolah, meningkatkan peran wali murid, cepatnya pemerataan pendidikan, dan meningkatkan mutu sekolah secara efektif.

Fungsi Manajemen Sekolah

Fungsi manajemen sekolah adalah untuk meningkatkan mutu sekolah, meningkatkan kesejahteraan para guru, yang kemudian akan memberikan output pada proses belajar mengajar yang lebih efektif dan efisien.

Manajemen sekolah dapat membuat perangkat sekolah lebih profesional sebagai pihak yang memimpin berbagai kegiatan di sekolah. Selain itu, hal tersebut juga menekankan berbagai pihak untuk turut berperan aktif dalam perencanaan pendidikan di sekolah.

Prinsip-prinsip dalam Manajemen Sekolah

Manajemen Sekolah

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manajemen di tingkat sekolah, maka ada baiknya jika diawali dengan mengenal aspek apa saja yang menjadi fokus dalam manajemen berbasis sekolah.

Berikut ini merupakan prinsip-prinsip yang menjadi pondasi dalam manajemen berbasis sekolah.

1. Prinsip Ekuifinalitas

Prinsip ekuifinalitas didasarkan pada sebuah teori manajemen modern yang memberikan asumsi bahwa ada banyak cara yang berbeda untuk mencapai satu tujuan. Seperti dalam peribahasa yang berbunyi ada seribu jalan menuju Roma.

Prinsip yang satu ini berpegang pada fleksibilitas pengelolaan sekolah oleh warga internal sekolah maupun interaksi dengan faktor eksternal sesuai dengan kondisi masing-masing.

2. Prinsip Desentralisasi

Sama seperti prinsip ekuifinalitas, prinsip desentralisasi juga mengutamakan fleksibilitas pengelolaan masalah dalam sekolah sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh masing-masing dan tergantung pada pejabat yang menangani masalah tersebut.

3. Prinsip Sistem Pengelolaan Mandiri

Prinsip sistem pengelolaan mandiri yaitu sebuah prinsip yang mengharuskan sekolah untuk mengurus permasalahan yang terjadi secara mandiri dengan cara masing-masing sekolah untuk mencapai solusi.

Hal tersebut dapat dilakukan oleh pihak sekolah apabila telah terjadi serah terima atau pelimpahan wewenang dari birokrasi tingkat atas ke masing-masing.

4. Prinsip Inisiatif Manusia

Dengan meningkatnya kualitas pendidikan yang ada, maka akan lebih baik jika terdapat partisipasi masyarakat sekitar yang lebih tinggi demi memperbaiki mutu sekolah ke tingkat yang lebih tinggi.

Karakteristik Manajemen Sekolah

Manajemen tingkat  sekolah memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya unik. Beberapa ciri khas atau karakteristik dari manajemen yang satu ini adalah sebagai berikut.

1. Pemberdayaan Guru Secara Optimal

Jika sebuah sekolah memiliki manajemen sekolah yang bagus, maka guru pun dapat memberikan kontribusi yang besar dalam peningkatan mutu sekolah melalui cara belajar yang lebih disukai oleh para murid.

2. Memiliki Otonomi Manajemen Sekolah

Dengan memiliki manajemen tingkat sekolah, maka perangkat sekolah pun memiliki wewenang untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di sekolah secara mandiri.

3. Sistem Desentralisasi

Wewenang terbesar diberikan kepada Kepala Sekolah untuk memperbaiki sekolah yang dipimpin. Hal tersebut dapat dicapai dengan membangun komunikasi yang bagus dengan komunitas Pendidikan.

4. Terdapat Penggajian Guru yang Beragam

Dengan menggunakan merit system atau sistem prestasi, maka gaji yang diperoleh oleh guru sesuai dengan dedikasi yang diberikan untuk sekolah.

Salah satu cara untuk memiliki manajemen sekolah yang baik yaitu dengan menggunakan Pijar Sekolah, sebuah platform digital yang bergerak di bidang pendidikan untuk menciptakan proses pembelajaran digital yang menarik dan seru untuk dilakukan.

Pijar Sekolah dapat membantu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi murid dan mendukung sekolah dalam pelaksanaan ujian berbasis aplikasi (UBK).

Tidak hanya itu, administrasi seperti manajemen tingkat sekolah dapat terlaksana dengan baik melalui fitur SIM sekolah. Dengan berbagai teknologi tersebut, pendidikan yang ada pun dapat mencapai kemajuan yang konkrit dengan segala kemudahan dalam prosesnya.

Demikian penjelasan singkat mengenai manajemen sekolah dari pengertian hingga fungsi, semoga membantu ya!

Tinggalkan komentar