Perbedaan Seragam PDL dan PDH

Kenali Perbedaan Seragam PDL dan PDH

Diposting pada

Setiap instansi perusahaan umumnya memiliki kebijakan terkait penggunaan pakaian karyawannya. Beberapa instansi memberikan seragam khusus untuk menunjukkan identitas, yakni menggunakan seragam PDL atau PDH.

Kedua jenis seragam ini sebenarnya berbeda dari berbagai sisi. PDL merupakan singkatan dari Pakaian Dinas Lapangan, artinya PDL digunakan untuk aktivitas di luar ruangan. PDL biasa digunakan oleh para pekerja lapangan seperti TNI, Security, Kopassus, kontraktor, dan lainnya.

Sementara itu, PDH merupakan Pakaian Dinas Harian. Artinya, PDH adalah seragam yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari di dalam ruangan atau dengan kata lain, PDH merupakan seragam kantoran.

PDH biasanya digunakan para pekerja yang bekerja di kantor atau di dalam ruangan seperti Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Swasta. Namun beberapa instansi juga menyediakan keduanya seperti adanya seragam PDH Paspampres, seragam PDH TNI, dan seragam PDH Kopassus.

PDL dan PDH cukup berbeda, tapi bagaimana membedakan PDL dan PDH? Simak 4 poin perbedaan seragam PDL dan PDH dan rekomendasi konveksi PDH Jogja berikut ini.

Perbedaan Seragam PDL dan PDH

Perbedaan Seragam PDL dan PDH

1. Jenis Bahan

Secara umum, PDL menggunakan bahan yang lebih tebal dan kuat dari PDH. Jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat PDL adalah bahan ripstop, valextra canvas, marsoto, dan bahan drill dengan beberapa varian seperti American Drill, Taipan Drill, dan Japan Drill.

Bahan tersebut cukup tebal untuk menyesuaikan kondisi cuaca dan lingkungan di luar ruangan. Karakteristik bahan drill ini, meskipun tebal, dengan tekstur kasar, tetapi tidak membuat pemakainya kegerahan.

Bahan yang untuk membuat PDH tentunya akan lebih ringan dan tipis dari PDL karena hanya untuk pemakaian dalam ruangan. Kebanyakan menggunakan bahan seperti katun dan juga campuran polyester. Karakteristik kedua bahan tersebut halus sehingga nyaman digunakan.

2. Fungsi Pakaian

Fungsi umum PDL dan PDH adalah untuk memudahkan masyarakat umum dan lainnya dalam mengenali dan membedakan setiap instansi. Maka dari itu, pada PDL atau PDH biasanya akan disematkan logo instansi sebagai identitas

Selain itu, PDL dan PDH juga memiliki fungsi dan manfaat lain untuk karyawan yang menggunakannya. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, PDL berfungsi untuk melindungi karyawan yang bekerja di luar ruangan dari berbagai kondisi cuaca dan lingkungan.

Sementara itu, PDH berfungsi membuat karyawan nyaman namun tetap terkesan formal dan sopan, dan mudah dikenali, terutama saat berhadapan dengan klien. Seperti seragam PDH security, masyarakat akan mudah mengenali security bila membutuhkan sesuatu.

3. Desain

Desain PDL dan PDH cukup berbeda. PDL biasanya berupa lengan panjang, walaupun ada juga yang lengan pendek, dan dirancang memiliki banyak saku atau kantong baju. Saku-saku tersebut berfungsi untuk menyimpan berbagai barang kecil yang dibutuhkan.

Selain itu, bahan PDL juga sudah mengalami kemajuan dengan menerapkan bahan berteknologi anti alergi pada kulit, sehingga aman untuk berbagai cuaca, dan menjaga kulit penggunanya yang sensitif.

Desain PDH biasanya dirancang lebih sederhana, tanpa banyak saku, namun lebih elegan dan stylish. Desain PDH mengedepankan formalitas, kesopanan dan kerapian.

4. Pilihan Warna

Pilihan warna untuk seragam PDL dan PDH biasanya berbeda karena fungsinya pun berbeda. PDL yang digunakan di luar ruangan lebih banyak menggunakan warna yang cenderung gelap atau tidak mencolok, seperti hitam, abu-abu, coklat tua, dan sebagainya.

Warna gelap berguna untuk menghindari gangguan karena pantulan cahaya matahari pada pakaian. Selain itu, warna gelap juga bermanfaat dalam melakukan penyamaran yang dilakukan oleh tentara maupun kopassus.

Berbeda dari PDL, PDH umumnya menggunakan warna lebih terang dan nyaman dilihat, serta terkesan sopan dan profesional. Pilihan warna yang banyak digunakan misalnya coklat muda, biru muda, dan sebagainya.

Rekomendasi Konveksi PDH Jogja

Rekomendasi Konveksi PDH Jogja

Jika Anda ingin mendapatkan seragam PDL atau PDH yang nyaman, maka Anda harus menemukan konveksi yang tepat. Untuk Anda yang berdomisili di jogja dan membutuhkan konveksi PDH Jogja atau tempat produksi PDH Jogja, Indokonveksi cocok untuk Anda.

Indokonveksi sudah berpengalaman selama 6 tahun di industri garmen. Melayani berbagai kebutuhan konveksi, seperti pembuatan seragam PDH paspampres, seragam PDH TNI, hingga seragam PDL Kopassus.

Indokonveksi

Tidak hanya sebagai jasa produksi PDH Jogja, Indokonveksi juga siap memproduksi PDL, jas almamater, wearpack, rompi, kaos polos, dan sebagainya, dengan berbagai jenis bordir maupun sablon, dan juga bahan pakaian yang cukup lengkap.

Indokonveksi pun sudah memiliki konsep produksi yang terintegrasi, yakni melakukan proses produksi dari pemotongan bahan, penyablonan, jahit, hingga packing di satu lokasi. Integrasi produksi ini akan mempercepat proses sekaligus dapat mengontrol kualitas.

Sekian penjelasan terkait perbedaan seragam PDL dan PDH. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami perbedaan keduanya dan membantu Anda yang sedang mencari konveksi PDH Jogja. Konveksi PDL dan PDH? Hanya di Indokonveksi.id.

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.