Hal Wajib Dikuasai Programmer Andal

Hal Wajib Dikuasai Programmer Andal

Diposting pada

Programmer komputer memberikan kontribusi penting bagi sektor ekonomi digital saat ini. Itulah sebabnya permintaan perusahaan atas profesi ini terus meningkat. Ketahui apa itu programmer dan tugasnya pada ulasan artikel berikut.

Keterampilan pemrograman sangat berguna untuk banyak disiplin teknologi, terutama bagi pengembangan web dan perangkat lunak. Jika kamu ingin menjadikannya sebagai profesi, pahami hal-hal yang harus dikuasai agar menjadi seorang programmer andal.

Apa Itu Programmer?

Programmer adalah seseorang yang membuat kode untuk perangkat lunak, aplikasi, dan program komputer. Programmer menuliskan kode sehingga mengubah desain atau rancangan program menjadi instruksi yang dapat dibaca dan diikuti oleh komputer.

Pekerjaan lainnya meliputi pemeliharaan, mendeteksi, dan menghapus bug atau error yang terjadi di dalam kode (debugging). Mereka menguji program dan menulis ulang jika menemukan kesalahan. Hal ini terus dilakukan sampai sama sekali tidak ada kesalahan.

Seorang programmer akan terus melakukan evaluasi terhadap program yang sedang digunakan. Program tersebut akan mengalami pembaruan secara berkala yang disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut deretan tugas dan tanggung jawabnya.

Tugas Seorang Programmer

Tugas Seorang Programmer

Programmer adalah ahli pengkodean, di mana kode-kode ini berfungsi memberi instruksi kepada komputer untuk menyelesaikan tugas tertentu. Adapun beberapa tugas harian yang harus mereka lakukan antara lain adalah:

1. Menulis dan Menguji Kode untuk Program Baru

Dalam tugasnya, seorang programmer harus bekerja sama dengan pengembang web atau pengembang software. Programmer bertanggung jawab menulis dan melakukan pengujian kode untuk program komputer atau aplikasi.

2. Melakukan Pembaruan Program

Programmer bertugas membuat dan menerapkan pembaruan bagi program yang telah ada untuk tujuan peningkatan. Pembaruan dapat berupa software debugging, mengubah bahasa program, mengubah pengkodean sesuai standar baru, dan sebagainya.

3. Mengidentifikasi Kesalahan

Programmer bertugas mengidentifikasi kesalahan dalam kode dan memecahkan masalah jika ada bagian program yang tidak berfungsi dengan benar. Bersama dengan pengembang, mereka memastikan bahwa perangkat lunak dapat berfungsi sempurna.

4. Menulis Ulang Program

Programmer perlu menulis ulang program pada sistem operasi yang berbeda. Tiap komputer dengan sistem operasi berbeda membutuhkan bahasa pemrograman yang berbeda dan unik pula. Tujuannya adalah agar kode dapat bekerja dengan baik.

Programmer bertanggung jawab untuk menuliskan dan menyesuaikan kode sehingga dapat bekerja pada sistem operasi yang berbeda tersebut.

5. Membuat Panduan

Programmer bertanggung jawab membuat panduan teknis yang dapat menjelaskan kepada pengguna mengenai bagaimana cara program komputer tersebut bekerja.

Menjadi seorang programmer memungkinkan kamu mengejar peluang di berbagai bidang, seperti keuangan, kesehatan, desain grafis, atau digital marketing. Namun sebelumnya, ketahui hal-hal yang wajib kamu kuasai untuk jadi programmer yang andal.

6 Hal yang Wajib Dikuasai oleh Seorang Programmer

Jika ingin menjadi programmer yang andal, tentu saja kamu harus menguasai teknologi komputer. Tak hanya itu, kamu juga musti memiliki kemampuan sosial untuk berinteraksi dengan rekan kerja. Berikut 7 hal yang wajib kamu kuasai sebagai seorang programmer.

1.  Terampil Membaca Kode

Sebagai programmer, kamu harus terampil membaca kode, dan cara terbaik untuk meningkatkan keahlian sebagai pembuat kode adalah menulis banyak kode. Kamu dapat menggunakan GitHub atau Sourceforge untuk memahami proyek-proyek open source.

Manfaatkan dua platform di atas untuk menampilkan proyekmu lalu mintalah pengembang lain untuk memberi masukan dengan pendekatan yang berbeda. Kumpulkan proyek terbaik ke dalam portofolio untuk membangun profil dan citra.

Berkontribusi dalam komunitas open-source adalah cara lain untuk meningkatkan wawasan, ketrampilan, dan membangun koneksi. Asah keterampilan dengan mengikuti hackathon atau kompetisi pemrograman.

2. Menguasai Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman bervariasi dalam penggunaan dan penerapannya. Jika menguasai banyak bahasa pemrograman, maka kemahiran ini akan memperluas prospek karirmu. Bahasa pemrograman tersebut bisa berupa:

  • Linux
  • Java
  • JavaScript
  • C++
  • NET
  • C# atau C-sharp
  • SQL
  • HTML
  • PHP
  • Visual Basic
  • Swift
  • Rust, dan
  • Ruby

3. Paham Tentang Jaringan Komputer

Seorang programmer harus paham mengenai jaringan komputer, seperti client server, subnetting, dan IP Address Configuration. Pasalnya, kamu harus tahu cara menyambungkan aplikasi dengan jaringan lokal maupun internet.

Jika memasuki dunia komputer berbasis cloud, maka akan lebih baik jika kamu memahami apa itu TCP/IP dan OSI. Tidak ada salahnya memperoleh keahlian lebih tentang IP, seperti HTTP, HTTPS, TELNET, FTP, SMTP, Websocket, dan sebagainya.

4. Wajib Menguasai Algoritma

Programmer wajib menguasai pemrograman algoritmik. Ini adalah tentang menulis seperangkat instruksi yang memungkinkan komputer untuk melakukan segala tugasnya.

Program komputer yang dibuat pada dasarnya adalah algoritma. Algoritma ini yang memberitahu komputer mengenai urutan langkah spesifik yang harus dijalankan dalam menjalankan tugas tertentu.

5. Mahir OOP

Menguasai OOP (Object Oriented Programming) memberikan banyak kemudahan bagi pekerjaanmu sebagai programmer. Program yang hendak ditulis akan menjadi lebih mudah karena telah terstruktur rapi.

6. Menguasai Bahasa Inggris

Bahasa komunikasi internasional yang wajib kamu kuasai adalah bahasa Inggris. Sebab, hampir semua program bahasa dirancang menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, menguasai bahasa Inggris akan membantu memperluas hubungan kerjamu.

Setiap programmer pasti ingin menjadi ahli di bidangnya dan ini tidaklah mudah. Kamu butuh banyak kerja keras, latihan dan pembelajaran terus-menerus, serta ketekunan untuk menjadi apa itu programmer yang profesional, andal serta diterima di BRITECH.

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.