Biaya Pembuatan Lapangan Mini Soccer

Cek, Biaya Pembuatan Lapangan Mini Soccer di Indonesia

Diposting pada

Mini soccer (sepak bola mini) dapat menjadi solusi bagi penggemar sepak bola namun sulit mencari lapangan untuk memainkannya. Ukuran lapangan mini soccer lebih kecil dibandingkan lapangan sepak bola, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sarana berolahraga di perkotaan.

Kian maraknya mini soccer di Indonesia memberikan peluang bisnis berupa usaha persewaan lapangan dengan hasil yang menjanjikan. Apabila Anda berkeinginan menjalani bisnis persewaan ini, pahami biaya pembuatan lapangan mini soccer serta hal-hal yang berkaitan dengannya.

Pahami Hal-Hal untuk Biaya Pembuatan Lapangan Mini Soccer

Pembuatan Lapangan Mini Soccer

Sebelum menghitung biaya pembuatan lapangan mini soccer, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui. Di antaranya adalah ukuran dan bahan yang digunakan untuk lapangan. Berikut adalah penjelasannya:

Ukuran Lapangan Mini Soccer

Ada ukuran standar yang harus dipatuhi ketika memutuskan untuk membangun lapangan mini soccer. Baik menggunakan standar nasional maupun internasional, inilah pedoman ukuran yang bisa Anda gunakan:

Standar Nasional

Lapangan mini soccer yang sesuai dengan standar nasional harus memiliki ukuran panjang 50 m dan lebar 20 m. Luas lapangan setara dengan 1000 meter persegi dan digunakan untuk 5-8 orang pemain per tim. Hanya saja, berdasar peraturan WMF, jumlah maksimal sebuah tim sebenarnya adalah enam orang.

Standar Internasional

Terdapat beberapa ukuran standar internasional Football Association (FA) yang bisa Anda gunakan sebagai patokan untuk membuat lapangan mini soccer, yaitu:

  •   Ukuran U7 dan U8: Dengan jumlah pemain 5 orang per tim, lapangan ini memiliki standar ukuran panjang 40 m dan lebar 30 m.
  •   Ukuran U9 dan U10: Jumlah pemain adalah 7 orang per tim dan standar ukuran lapangannya, yaitu panjang 58 m dan lebar 40 m.
  •   Marking 9v9 (full size pitch opsi 1): ukuran panjang lapangan 68 m dan lebar 46 m.
  •   Marking 9v9 (full size pitch opsi 2): ukuran panjang lapangan 64 m dan lebar 46 m.

Selain menentukan ukuran yang digunakan bagi lapangan mini soccer yang hendak dibangun, Anda perlu paham tentang bahan yang dipakai untuk membuatnya.

Bahan Pembuat Lapangan Mini Soccer

Bahan pembuat lapangan mini soccer tidak berbeda dengan sepak bola, yaitu menggunakan rumput asli atau bisa juga dengan rumput sintetis. Nyatanya, kebanyakan lapangan memilih memakai rumput sintetis dibandingkan rumput asli karena memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

Menghemat Biaya Perawatan

Lapangan mini soccer yang memakai rumput sintetis akan menghemat biaya untuk merawatnya. Rumput sintetis tidak akan tumbuh tinggi sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya pemangkasan.

Menggunakan rumput sintetis juga membuat Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk menyiram, melakukan pemupukan, atau mengaplikasikan obat hama secara rutin.

Pemeliharaan Mudah

Lapangan yang menggunakan rumput sintetis tidak perlu dibersihkan setiap hari. Beda halnya jika menggunakan rumput asli, dimana Anda harus membayar tukang kebun untuk menyapu dan memeliharanya dengan rutin.

Hemat Air

Jika menggunakan rumput asli, Anda harus melakukan penyiraman setiap hari agar rumput tetap subur dan hijau. Bayangkan, berapa besar biaya pemakaian air yang harus Anda keluarkan setiap bulannya?

Pengeluaran air yang besar akan bisa dihemat ketika menggunakan rumput sintetis. Pasalnya, air hanya diperlukan untuk membersihkan saja, dan volumenya tidak akan sebesar apabila digunakan untuk menyiram rumput asli.

Tempat Pemasangan Fleksibel

Karena rumput sintetis tidak membutuhkan sinar matahari, maka Anda bisa membuat lapangan di luar (outdoor) maupun di dalam ruangan (indoor). Namun, tentu saja Anda harus memikirkan seberapa besar nantinya ruangan tersebut jika membuat lapangan mini soccer secara indoor.

Mudah Dipasang

Rumput sintetis dapat dipasang dengan mudah dan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Jika mengalami kerusakan, Anda dapat dengan mudah mencopotnya lantas menggantikannya dengan yang baru.

Setelah mengetahui hal dasar yang penting untuk membuat lapangan mini soccer, maka Anda mulai bisa menghitung biaya pembuatannya.

Biaya Pembuatan Lapangan Mini Soccer

Biaya Pembuatan Lapangan Mini Soccer

Dalam menyusun anggaran biaya untuk membangun lapangan mini soccer, ada beberapa hal yang harus Anda hitung, antara lain:

  •   Instalasi saluran air dan listrik.
  •   Biaya pemadatan.
  •   Biaya menyusun material lantai lapangan mini soccer.
  •   Harga dan biaya pemasangan rumput sintetis.
  •   Biaya pemasangan tiang gawang, jaring pagar, dan lainnya yang berkaitan dengan aturan lapangan.

Membangun sebuah lapangan mini soccer tidak bisa dilakukan secara serampangan, Anda harus menyewa jasa kontraktor yang berpengalaman dan ahli di bidang ini. Perusahaan yang bisa Anda percaya untuk melakukan pekerjaan ini adalah Raga Sport Flooring.

Mengapa Pilih Raga Sport Flooring?

Raga Sport Flooring telah terpercaya kualitasnya dalam membangun lapangan mini soccer maupun lapangan olah raga lainnya. Di sini, Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi secara gratis dan mendetail tentang jenis lapangan yang hendak dibangun.

Raga Sport Flooring memberikan jaminan garansi secara tertulis dengan harga yang sesuai dengan kualitasnya. Harga rumput sintetis berkualitas tinggi misalnya, Raga Sport Flooring mematok mulai dari 350 ribu sampai 450 ribu rupiah per meter.

Apabila ingin berkonsultasi secara mendalam tentang biaya pembuatan lapangan mini soccer, tidak perlu ragu untuk menghubungi Raga Sport Flooring. Langsung saja kontak nomor telepon 0822-7881-1199 dan dapatkan informasi detail mengenai lapangan yang hendak Anda bangun.

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.