Cara Menghitung Suku Bunga Deposito

Diposting pada

Irwin.web.id – Deposito adalah salah satu jenis tabungan masa kini, yang sangat cocok untuk para millennials yang melek investasi, apalagi suku bunga deposito juga menguntungkan sekali. Besar atau kecilnya dana yang Anda miliki sekarang, tentu ingin mengelolanya dengan lebih baik dan tepat guna. 

Sebab ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika melakukan hal tersebut dengan benar, terutama jika sudah dilakukan sejak usia muda.

Bukan hanya bisa membuat Anda memiliki rencana kebutuhan dan impian masa depan yang lebih jelas, namun dengan melakukan pengelolaan keuangan yang lebih bijak mampu berikan potensi profit tambahan yang memuaskan untuk Anda tiap bulannya. 

Maka karena itu, berbagai impian masa depan Anda pun menjadi lebih matang persiapannya dan bisa didapatkan sesuai dengan rencana yang matang.

Ada begitu banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengelola finansial dengan baik, salah satunya caranya adalah menabung setiap mendapat pemasukan (income). Akan tetapi ada cara lain yang lebih menarik, yaitu deposito. Sepeti yang telah disebutkan di atas, menginvestasikan sebagian dana yang Anda miliki untuk deposito bisa mendapatkan profit juga.

Bagi Anda yang memiliki sejumlah dana dan ingin menyimpannya untuk di masa yang akan datang, maka deposito adalah pilihan paling bijak. Sebab beda dengan tabungan biasa, cara menabung ini ternyata memiliki bunga deposito yang nilainya lebih besar dibandingkan tabungan pada umumnya, sehingga lebih menguntungkan. 

Bukan hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan bunga deposito yang tinggi dan dana tetap aman hingga jangka waktu yang sudah ditentukan dalam perjanjian mulai dari 3 bulan, 6 bulan dan seterusnya.

Bagi Anda yang baru saja mulai menyimpan deposito, pasti penasaran dengan kisaran profit yang akan didapatkan dari bunga deposito. Ada dua rumusan yang bisa digunakan untuk menghitung berapa banyak total pendapatan yang akan didapat, yang pertama dihitung berdasarkan total pendapatan pada akhir jatuh tempo simpanan. Kedua adalah menghitung berdasarkan profit yang didapat dari suku bunga deposito per bulannya.

Tetapi walau Anda tidak memiliki deposito, tidak ada salahnya mencoba simulasi deposito untuk mengetahui bagaimana sistem perhitungan bunga desposito itu sendiri. 

Selain itu sebelum memutuskan untuk menyimpan dana Anda dalam bentuk deposito, pastikan sudah mengetahui berapa suku bunga yang telah ditetapkan oleh bank di mana Anda akan depositokan uang dan berapa juga besaran pajaknya.

2 Cara Menghitung Suku Bunga Deposito

2 Cara Menghitung Suku Bunga Deposito

Saya akan memberi tahu 2 cara yang bisa dilakukan untuk menghitung profit Anda:

1. Rumus untuk Mengetahui Total Pendapatan Per Jatuh Tempo

Bila menggunakan cara pertama menghitung bunga deposito maka Anda akan mengetahui berapa besar profit yang bisa didapatkan. Rumus menghitung suku bunga yang digunakan adalah :

Setoran Pokok + (Profit dari Bunga Deposito – Jumlah Pajak Deposito)

Namun sebelum menghitung dengan menggunakan rumus tersebut, Anda haru menghitung profit dari bunga deposito juga berapa jumlah pajak deposito yang harus dibayar terlebih dahulu. 

Untuk dapat menghitung keuntungan dari suku bunga deposito, Anda bisa memakai formula berikut Setoran Pokok x Suku Bunga Deposito x Tenor(dalam satuan hari) / 365 (hari). Sedangkan untuk jumlah pajak deposito, gunakan Tarif Pajak x Profit dari Bunga Deposito

2. Rumus untuk Mengetahui Keuntungan Bunga Setiap Bulannya

Apabila Anda gunakan cara yang ini, maka bisa melakukan hitungan yang lebih terperinci dari keuntungan yang bisa didapat setiap bulannya. Rumus ke dua yang bisa digunakan adalah:

(Suku Bunga Deposito x Setoran Pokok Deposito x 30 hari x 80%) / 365 hari

Perlu Anda garis bawahi, adanya persentase sebesar 80% merupakan persentase pendapatan yang sudah dikurangi oleh persentase pajak yang harus Anda tanggung yaitu 100% – 20%.

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara menghitung suku bunga deposito dan profit yang didapat, baik itu profit yang akan didapatkan per bulannya, maupun profit keseluruhan setelah tempo maka Anda lebih mudah untuk mendapatkan gambaran jelas mengenai keuntungan dari memiliki deposito.

Apalagi jika jumlah dana investasi yang Anda depositokan cukup besar, ditambah dengan bunga deposito tinggi yang ditawarkan oleh pihak bank, maka Anda akan dapatkan profit yang memuaskan juga.

Namun jangan terbuai dengan hitungan kalkulator deposito yang nominalnya mencengangkan, sebab jika ada ketentuan yang tak Anda penuhi maka hitungan tersebut tak akan Anda dapatkan. Oleh sebab itu, pastikan Anda sudah mengetahui dengan pasti semua ketentuannya yang berlaku di bank tersebut.

Pilih bank yang bukan hanya menawarkan suku bunga deposito memuaskan, namun juga memiliki kejelasan dan transparansi dalam semua ketentuannya. 

Pastikan juga jika lembaga keuangan tersebut sudah terdaftar di OJK, salah satunya HSBC Deposito Rupiah, di sini Anda bisa berinvestasi dengan sangat mudah dan bisa dapatkan suku bunga yang sangat menarik yaitu per tahun mendapatkan 6,25%. 
Ditambah lagi adanya cashback sampai 100 juta Rupiah dengan total return yang mencapai 7,25% lho. Tunggu apa lagi? Ayo depositokan dana Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *