Pengertian Rate Asuransi Mobil

Apa itu Rate Asuransi Mobil?

Diposting pada

Mungkin Anda bertanya-tanya apa itu rate asuransi mobil? Kenapa orang-orang senang sekali membicarakan tentang rate asuransi mobil? Apakah penting untuk membahas mengenai rate asuransi mobil?

Pertanyaan tersebut biasanya muncul bagi mereka yang akan dan sedang menggunakan layanan asuransi mobil. Sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu asuransi mobil, sebaiknya memang Anda mengetahui rate yang dibebankannya terlebih dahulu.

Pengertian Rate Asuransi Mobil

Apa itu rate asuransi mobil? Secara garis besar, rate asuransi mobil adalah besarnya jumlah uang atau besaran premi yang harus dibayarkan untuk memenuhi kewajiban Anda sebagai nasabah kepada suatu perusahaan yang menyediakan layanan asuransi mobil.

Jumlah uang yang harus Anda bayarkan harus sama dengan total premi yang disepakati pada perjanjian legal atau polis. Polis ini dibuat dan disetujui secara bersamaan antara pihak perusahaan asuransi dan calon nasabahnya.

Hal-hal yang Mempengaruhi Besarnya Rate Asuransi Mobil

Pengertian Rate Asuransi Mobil

Seperti yang telah diketahui oleh khalayak umum bahwa besarnya premi ini akan berbeda-beda tergantung beberapa kriteria penentunya. Inilah beberapa hal yang mempengaruhi besarnya premi dari suatu polis.

Peraturan ini sudah diserempakkan antara suatu perusahaan layanan asuransi dengan yang lainnya. Sehingga Anda bisa memiliki gambaran umum ketika akan memperkirakan alokasi dana untuk pembayaran asuransi mobil.

1. Harga Kendaraan Bermotor

Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap mobil memiliki harga jualnya masing-masing. Semakin banyak fasilitas yang ditawarkan dari sebuah mobil maka akan semakin mahal pula harganya. Hal ini juga berlaku bagi kualitasnya.

Semakin baik kualitasnya maka ia akan memiliki harga jual yang lebih mahal. Mahal atau murahnya suatu kendaraan bermotor akan mempengaruhi besaran premi yang harus dibayarkan. Semakin mahal harga dari suatu mobil maka akan semakin mahal pula premi yang akan dibayarkan.

2. Wilayah

Di dalam menghitung besaran premi, surat edaran OJK juga menyebutkan bahwa salah satu faktor penentunya adalah wilayah dimana mobil itu berasal. Berdasarkan surat edaran dari OJK, wilayah ini dikategorikan menjadi tiga bagian yaitu wilayah 1, wilayah 2, dan wilayah 3.

Wilayah 1 meliputi Pulau Sumatera dan pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Wilayah 2 mencakup area di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Jawa Barat, dan Banten. Sedangkan area di luar kedua wilayah tersebut masuk ke dalam kategori wilayah 3.

3. Perusahaan Layanan Asuransi

Saat ini ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan asuransi. Pada umumnya, setiap perusahaan tersebut akan menawarkan dua jenis asruansi mobil yang ada pada umumnya. Tapi, setiap perusahaan layanan asuransi mobil tentu akan menawarkan keunggulannya masing-masing.

4. Jenis Polis Asuransi

Sebagaimana yang telah disebutkan bahwa pada umumnya ada dua jenis polis asuransi yang ditawarkan, yaitu all risk dan TLO. Selain kedua jenis polis tersebut, Anda masih bisa menambahkan beberapa perluasan asuransi tambahan lainnya.

Setiap perluasan asuransi tambahan tersebut juga akan memperbesar biaya premi yang harus Anda bayarkan. Agar tidak terlalu mahal, sebaiknya Anda hanya menambahkan perluasan asuransi pada hal-hal yang benar-benar dibutuhkan saja.

Dua Jenis Rate Asuransi Mobil

Pada dasarnya, ada dua jenis rate asuransi mobil yang harus Anda ketahui.

1. All Risk

Rate asuransi mobil untuk jenis ini akan lebih mahal daripada TLO. Banyaknya potensi tanggungan biaya kerusakan yang dibebankan kepadanya adalah faktor utama mengapa preminya menjadi lebih mahal dibandingkan TLO.

Meskipun haraganya lebih tinggi, namun setiap perusahaan layanan asuransi mobil tetap harus menerapkan tarif nasional yang telah ditetapkan OJK. Mereka hanya diperbolehkan memberikan tarif maksimal pada rate asuransi mobil untuk kategori all risk sebesar 4,2% dari harga mobil.

Kapan Anda perlu memilih paket all risk? Paket asuransi mobil ini sebaiknya Anda pilih ketika mobil yang diasuransikan masih tergolong baru. Harga belinya yang relatif lebih tinggi tentu juga membutuhkana perawatan yang mahal apalagi ia rentan mengalami goresan.

2. TLO (Total Loss Only)

Rate asuransi mobil untuk jenis TLO memang terbilang lebih murah karena ia hanya menanggung biaya untuk mobil yang mengalami kerusakan lebih dari 75% dan kehilangan lebih dari 2 bulan. Tapi, klaim kehilangan tidak bisa dilakukan jika pelakunya adalah anggota keluarganya sendiri.

Pengecualian tersebut diberlakukan sebagaimana pengecualian klaim goresan pada all risk yang disebabkan karena latihan mobil. Sebaiknya Anda menggunakan pertanggungan TLO ini jika sering berada di lokasi yang rawan kerusuhan atau tindak kriminal lainnya.

Marketplace Asuransi Mobil

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu mobil, Anda perlu memperhatikan hal-hal di atas. Selain itu Anda perlu mengetahu mengenai besarnya premi asuransi mobil. Meskipun hal ini tidak sulit untuk ditemukan, namun akan lebih mudah jika Anda mengeceknya pada satu marketplace yang lengkap.

Supaya tidak kerepotan mengecek besaran premi dari berbagai perusahaan layanan asuransi mobil, Anda bisa mengeceknya pada lifepal.co.id. Marketplace asuransi Lifepal akan memudahkan Anda dalam mencari asurani mobil terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Di marketplace asuransi Lifepal, tersedia kalkulator pintar untuk menghitung total premi yang harus dibayarkan. Anda hanya perlu mengisi data lalu ia akan menunjukkan hasilnya. Akan tetapi, Anda perlu melakukan verifikasi kepada perusahaan asuransi mobil tersebut untuk memastikan preminya.

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.