Apa itu Electric Winch dan Apa Fungsinya?

Diposting pada

Electric Winch – Bagi Anda yang bekerja di industri barang berat, pastinya tak asing dengan winch. Benda ini disebut juga sebagai kerekan, yakni sebuah alat mekanis yang bisa membantu untuk menarik, mengangkat dan menggerakkan benda berat dengan tenaga yang lebih sedikit. 

Kerekan ini mampu mengeluarkan, menarik ataupun mengatur tegangan dari sebuah kawat sling, kabel maupun tali.
Fungsinya yang paling utama adalah menggerakkan sesuatu dengan cara horizontal, yakni menarik bebannya itu sendiri memakai kait yang sudah dipasang dengan kawat sling yang ditarik itu sendiri.

Ada beberapa macam winch atau kerekan yang paling sering digunakan, salah satunya adalah winch mobil.

Biasanya dipasang di bagian bumper depan mobil off road (walau pada prakteknya banyak juga mobil biasa yang memasang ini), bumper-nya pun harus bumper khusus yang sudah dimodifiksi supaya mampu menahan beban barang yang ditarik.

Selain itu, ada juga winch industri yang mana digunakan di berbagai sektor industri berat. Baik itu pertambangan, pelabuhan, perkebunan, kayu dan lain sebagainya.

Adapun desain winch untuk industri jauh lebih rumit, sebab harus memakai hidrolis, gear, pneumatik, elektrik dan lain sebagainya. 
Umumnya bagi winch industri dengan kinerja yang berat, akan memakai rem solenoida dan juga rem mekanis, juga pawl yang bisa membantu mencegahnya lepas saat digunakan.

Yang dimaksud dengan pawl itu sendiri merupakan sebuah komponen mekanis, yang akan bekerja dengan komponen yang lainnya supaya bisa mencegah adanya gerakan searah, maupun mencegah gerakan terjadi.

Bisa dibilang semacam kait yang terbangun dari bagian padat bermuatan pegas, akan berputar di salah satu ujungnya dan komponen lainnya di sudut curam yang lain ikut aktif.

Mengenal Electric Winch

Electric winch adalah salah satu winch yang paling banyak digunakan, sebab sudah dimotorisasi supaya mampu menarik ataupun mengangkat beban dengan otomatis berkat aliran listrik yang tersambung.

Ada tali yang terpasang pada tabungnya yang menyambung pada motor yang gerakannya ke depan atau ke belakang berputar.

Diketahui bahwa alat yang satu ini mampu mengangkat dan menarik beban baik itu secara horizotal atau vertikal. Di pasaran sendiri terdiri atas dua jenis yang tersedia, dan mengacu pada konsumsi daya yang dibutuhkan oleh alat itu sendiri.

Ada DC yang memakai baterai, juga ada AC yang mana menggunakan sambungan listrik secara langsung. Anda bisa menemukan electric winch di berbagai toko alat berat.

Di pasaran ada banyak sekali varian electric winch, jadi Anda bisa menyesuaikan penggunaannya sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Adapun varian yang dimaksudkan adalah kapasitas angkatan, atau tarikan yang akan winch hasilkan.

Ada yang dari 1 ton, 2 ton sampai dengan 10 ton. Harga untuk electric winch yang 1 ton dengan yang 2 ton berbeda, bukan hanya karena kapasitasnya saja, namun juga disebabkan tipe wire rope dan juga menggunakan komponen yang lebih tinggi spesifikasinya.

Alasan lain yang membuat electric winch 1 ton lebih murah dibanding yang 2 ton, atau 3 ton dan seterusnya memiliki harga yang berbeda dan yang yang 1 ton paling murah, karena memang kapasitas angkatannya juga terbatas, sehingga working load limitnya juga lebih rendah lagi

Ini dia beberapa fiturnya yang sangat bermanfaat:

  • Mudah untuk dipasang
  • Bisa digunakan dalam pembangunan ATV atau UTV atau aplikasi lain yang butuh alat otomatis dalam instalasinya
  • Memiliki kecepatan gulungan yang bervariasi
  • Anda bisa menemukan versi komplit yang sudah dilengkapi wire rope
  • Ada pilihan voltase yang bisa Anda sesuaikan kebutuhan
  • Sudah water proof, tak perlu takut rusak karena kebasahan
  • Memiliki sistem pengereman yang bermnfaat dalam mengontrol tali
  • Ada yang sudah dilengkapi remote wireless, sehingga lebih mudah untuk mengoperasikannya di manapun

Untuk mendapatkan electric winch terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa mengunjungi toko alat berat, juga bisa menghubungi distributornya secara langsung. Pastikan Anda sudah paham betul winch seperti apa yang Anda butuhkan, sehingga bisa mengalokasikan dana dengan bijaksana.