9 Cara Mengatasi Ruam Pada Wajah Bayi

Diposting pada

Irwin.web.id – Kulit di wajah si kecil tampak kemerahan? Kemukinan itu ruam pada wajah bayi Anda. Jangan khawatir, ruam di wajah merupakan hal umum terjadi pada bayi dan bisa diatasi dengan beberapa cara mudah berikut. 

Pada dasarnya ruam adalah perubahan pada kulit berupa bintik merah di wajah bayi atau peradangan maupu iritasi terhadap benda tertentu. Area kulit di wajah yang muncul ruam juga bisa terasa gatal, bahkan seperti terbakar. Ruam juga bisa ditandai dengan kulit wajah dan mulut yang tampak kering

9 Cara Mengatasi Ruam Pada Wajah Bayi

Cara Mengatasi Ruam Pada Wajah Bayi

Bersihkan dengan Air Hangat

Banyak cara mengatasi ruam pada wajah bayi, salah satunya dengan membersihkan menggunakan air hangat. Area kulit wajah yang terkena ruam tidak boleh terlewatkan untuk dibersihkan ketika Anda memandikan si kecil.

Bersihkan area kulit wajah yang terkena ruam menggunakan kain halus dan bersih. Namun sebelumnya, celupkan kain halus tersebut ke dalam air hangat. Anda bisa melakukan cara ini 2 kali dalam sehari.

Menggunakan Sabun Mandi Khusus

Meskipun ada banyak merek sabun mandi bayi, tetapi Anda harus memilih yang terbuat dari bahan yang ringan, atau mild cleanser dan tidak mengandung parfum. Sabun mandi bayi dengan kandungan kimia justru akan semakin membuat kulitnya menjadi kering dan mudah iritasi. 

Mengoleskan Petroleum Jelly

Selainnya adalah dengan mengoleskan petroleum jelly di wajah bayi yang terkena ruam. Ini bermanfaat untuk melindungi permukaan kulit wajah yang mengalami ruam sehingga perbaikan kulit bisa terjadi. 

Campuran Oatmeal

Kandungan avenanthramides pada oatmeal diketahui bersifat anti inflamasi sehingga efektif untuk mengatasi ruam pada wajah bayi.

Caranya mudah sekali, ambil 1 mangkuk oatmeal organik dan campurkan dengan sedikit air. Haluskan campuran oatmeal tersebut dengan blender. Setelah itu aplikasikan pada kulit wajah bayi. 

Teh Chamomile

Cara alami mengatasi ruam pada kulit wajah bayi selanjutnya adalah dengan teh chamomile. Diketahui, teh chamomile mengandung antioksidan yang membantu dalam mendisifeksi luka serta dapat mengurangi ruam di kulit wajah yang diderita bayi Anda.

Letakkan saja kantong teh chamomile di dalam air panas. Biarkan dingin, setelah itu keluarkan kantong teh chamomilenya dan letakkan di wajah si kecil. 

Yoghurt

Umumnya ruam di kulit wajah seperti eksim terjadi karena sistem kekebalan tubuh anak tidak berfungsi dengan baik. Luar biasanya, bakteri yang ada di dalam yoghurt diketahui dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan disaat yang sama juga dapat meredakan gejala ruam seperti gatal – gatal. 

Kulit Pisang

Ini adalah cara alami menyembuhkan ruam di wajah anak yang bisa Anda coba. Dinginkan beberapa lembar kulit pisang, setelah itu tempelkan di area yang terkena ruam. Diamkan beberapa saat sebelum akhirnya dibersihkan.

Lidah Buaya

Tidak hanya bagus untuk merawat kulit wajah dan rambut, lidah buaya juga ampuh mengatasi ruam di wajah bayi, sebab mengandung anti mikroba, emolien dan anti inflamasi.

Cara mengatasi ruam dengan lidah buaya mudah sekali, yakni dengan mngekstrak gel lidah buaya dan mengaplikasikannya langsung ke wajah si kecil.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun diklaim bisa menyembuhkan ruam pada bayi dengan cepat dan aman. Kandungan yang ada di dalam minyak zaitun diketahui dapat menghilangkan racun dan alergen yang tak diinginkan kulit. 

Selain itu, kandungan oleocanthalnya akan membantu meredakan peradangan di kulit. Untuk itu Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi ruam yang diderita si kecil.

Demikian informasi seputar cara mengatasi ruam pada wajah bayi yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *