Pilihan Sistem Operasi Mobile dan Contoh Device HP

7 Pilihan Sistem Operasi Mobile dan Contoh Device HP

Diposting pada

Sistem operasi smartphone adalah sistem yang digunakan bagi sejenis handphone, tablet atau jaringan mobile lain yang begitu canggih saat ini.

Sistem operasi mobile berguna dalam mengawasi sumber perangkat keras maupun lunak di jaringan mobile jadi mampu berjalan statis.

Terdapat aneka jenis pilihan sistem operasi dalam smartphone. Apa saja itu? Mungkin ada diantara Anda ada yang telah mengetahuinya, berikut penjelasan macam-macam sistem operasi yang digunakan pada mobile device (yang pernah ada).

Pilihan Sistem Operasi Mobile dan Contoh Device HP

1. Ponsel Windows

Sistem operasi pada mobile yang dikembangkan oleh microsoft adalah windows lengkapnya ialah Ponsel Windows. Desain pengguna antarmuka ini bagi Ponsel Windows memakai Metro UI yang setara permukaan Windows pada komputer.

Sekitar tahun 2011, Microsoft kolaborasi bersama Nokia demi meningkatkan Ponsel Windows menjadi OS utama khusus smartphone brand Nokia. Dilanjutkan, saat ini tipe terupdatenya yakni Ponsel Windows 10. Contoh device hp WP ialah Nokia Lumia.

2. Android

Sistem operasi yang dikembangkan di smartphone adalah salah satunya Android, yang perdana diresmikan berinisial ‘Astro’ tanggal 20 September 2008 sama Google.

Kemudian sejumlah kelas update selanjutnya ada ‘Bender’ & ‘Cupcake’ diresmikan beserta layanan-layanan yang mengisinya. Google selanjutnya mengambil julukan viral versi Android berupa nama makanan pencuci mulut berdasarkan urutan alphabet.

Resmi muncul kelas lain seperti Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, Pie dan Q yang selama ini adalah kelas Android terupdate dari Google bulan Agustus 2019.

Akan tetapi bagi kelas Android 10 bukan kembali memakai nama makanan pencuci mulut lagi. Hal ini dilakukan demi inisial kelas Android berkarakter internasional. Contoh device hp Android ialah Vivo, Oppo, Samsung, Xiaomi, dll.

3. iOS

Sistem operasi smartphone iOS dikenalkan tanggal 29 Juni 2007 ketika iPhone perdana juga ditingkatkan. Nah, dari waktu itulah sistem iOS memiliki sejumlah update dan yang terupgrade bernama iOS 14.

Just for information, Apple tetap tidak menerima perusahaan lain untuk meningkatkan sistem operasinya. Bukan kayak Android, Apple lebih fokus sama kualitas dan bentuknya untuk pengguna. Contoh device HP yaitu IP 12, IP 13, IP 14.

Ya, itu penyebab kenapa bentuk dasar iOS mendekati persis sama kayak tahun 2007. Dari semuanya, sistem ini begitu memudahkan pengguna dan salah satu sistem operasi mobile terbaik di internasional dan jelas saingan berat sistem Android.

4. Blackberry OS

Blackberry begitu terkenal sekitar tahun 2000-2008 ini sebenarnya milik RIM (Research In Motion) dimana perdana kali dimunculkan sekitar 1999.

RIM sudah meningkatkan sistem operasi ini bagi deretan smartphone Blackberry-nya. Blackberry begitu lain dengan sistem operasi lain. Dari antarmuka pengguna juga tampilan smartphone ini lain sekali.

Akan tetapi sayangnya OS satu ini mengalami ketidakupdatean lagi, semenjak RIM mengganti Blackberry lebih ke sebagai IoT (Internet of Thing). Contoh device hp blackberry ialah blackberry gemini, blackberry dakota, blackberry torch.

5. Symbian

Pada 2008, Symbian OS secara sah dimiliki oleh Nokia sehabis sebelumnya Symbian Ltd. Berarti, perusahaan lain mesti memperoleh izin dari Nokia sebelum memakai sistem operasi satu ini.

Sehabis Symbian OS tersebar luas di ponsel, Nokia berebut tahta raksasa pangsa pasar HP kelas tinggi. Symbian OS tetap banyak dipakai sama HP low-end tetapi sayang sekali tingkat penjualannya semakin minim.

Dengan meng-update Symbian mobile OS sekitar tahun 2012, Nokia sudah menjadikannya kuat menjalankan smartphone dengan efisien.

Symbian Belle Feature Pack merupakan pembaharuan terbaru yang saat ini dipakai di smartphone Nokia sebelum adanya Ponsel Windows. Berdasarkan keseluruhan, OS Symbian dibuat sejujurnya begitu baik dan juga ramah pengguna.

6. Open WebOS

Open WebOS dijuluki sebagai LG WebOS, bisa juga WebOS yang dikelola sama Palm Inc. Sehabis beberapa tahun merupakan milik Hewlett-Packard selanjutnya kepemilikannya dipindahkan ke LG.

WebOS diresmikan di tahun 2009 dan dipakai sama beberapa smartphone & tablet. Sejumlah perangkat yang telah mengadopsi WebOS ini diantaranya ialah Pre series, Pixi, dan Veer. Dari tahun 2011, sayangnya pembaharuan OS ini berhenti sampai disitu.

7. MeeGo

MeeGo merupakan sistem operasi mobile open source yang penggunannya dikhususkan bagi ponsel, tetapi sistem operasi ini dapat dipakai di alat-alat elektronik misalnya laptop, tablet sampai smart TV juga.

Meego ialah hasil kolaborasi jaringan Intel dan Nokia yang diresmikan tahun 2010 awal. Sistem operasi ini mencampurkan layanan-layanan Moblin berasal dari Intel juga Maemo berasal dari Nokia.

Dibawah ini yang bukan merupakan sistem operasi adalah :

  • Fox Pro

FoxPro termasuk daripada bahasa pemrograman yang bekerja pada ruang Microsoft Windows. Menurut Firgiawansyah, Microsoft Visual Foxpro ialah salah satu bahasa pemrograman sistem manajemen penyimpanan data yang berlangsung dalam ruangan windows.

Jadi, terdapat 7  jenis sistem operasi smartphone yang dapat Anda simak diatas. Jaman sekarang, cuma ada 2 sistem operasi yang tengah mengalami persaingan ketat jelas yakni Apple dari iOS serta Android dari Google.

Namun, sayang sekali rasanya sejumlah developer tidak lagi meningkatkan sistem operasi, justru sepertinya perusahaan lebih mengembangkan aplikasi yang dapat berguna di dalam sistem tersebut.

Semoga berguna buat Anda yang sedang mencari informasi tentang Sistem Operasi Smartphone !

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.