Cara Mudah Belajar Baca Al Quran

7 Cara Belajar Membaca Al Quran untuk Mualaf

Diposting pada

Memiliki aplikasi Al Quran di ponsel, adalah salah satu cara untuk memudahkan membaca Al Quran di manapun. Saat ini, aplikasi Al Quran ini juga sangat banyak variannya. Mulai dari yang hanya untuk membaca sampai belajar tajwid pun ada.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut di aplikasi Al Quran, sekaligus menjadi solusi yang sangat menguntungkan. Sebab meski tidak membawa Al Quran, kita tetap bisa mengaji.

Kemudahan ini, tentu sangat membantu kita yang ingin tetap bisa belajar Al Quran meskipun tidak sedang di dalam kelas atau tempat mengaji.

Berikut ini, ada beberapa cara yang bisa teman-teman coba agar tetap bisa belajar Al Quran.

Cara Mudah Belajar Baca Al Quran

Cara Mudah Belajar Baca Al Quran

1. Datangi Guru Mengaji

Belajar Al Quran dengan bersama guru mengaji tentu akan lebih terarah. Paling tidak, ada yang ahli akan mengevaluasi kegiatan belajar kita.

Saat ini banyak guru mengaji yang bisa kita temukan, bahkan ada yang juga melayani kegiatan mengaji jarak jauh. Baik sistem individu atau kelompok.

2. Pelajari Huruf Hijaiyah Terlebih Dahulu

Ini merupakan tahap awal yang sangat penting. Karena Al Quran menggunakan huruf hijaiyah, maka sudah seharusnya kita mengetahui dan mengenal semua sifat huruf hijaiyah ini.

Tidak perlu terburu-buru kita sedang belajar di tahap awal ini. Kita bisa menggunakan buku Iqro dari jilid pertama dan berlanjut sesuai dengan kemampuan kita.

Ketika kita sudah baik atau benar di tahap ini, biasanya proses membaca Al Quran akan lebih mudah. Meskipun kadang membutuhkan waktu lama, tapi ini adalh pondasi yang sangat penting.

3. Pahami Semua Jenis Tanda Baca

Setelah mengetahui dan mengenal semua jenis huruf hijaiyah beserta cara membacanya. Kini saatnya kita mengetahui apa saja tanda baca yang digunakannya.

Tanda baca atau harakat ini, akan menghasilkan huruf vokal pada bacaan kita. Karena jenis harakat tidak banyak, jadi kita bisa mempelajarinya dengan lebih gampang.

4. Belajar tentang Tajwid

Selanjutnya adalah belajar mengenai tajwid. Ini adalah ilmu yang berkaitan dengan bagaimana pelafalan huruf-huruf dalam Al Quran dengan baik dan benar.

Karena dalam setiap bacaan, biasanya ada beberapa cara baca, misalkan dengung dibaca samar-samar hingga melebur. Maka, untuk bisa membaca Al Quran dengan baik kita perlu mempelajari ilmu tajwid ini.

5. Mulailah dari Surat Pendek

Setelah mempelajari hal-hal sebelumnya, cara belajar Al Quran selanjutnya tentu saja dengan praktek. Teman-teman bisa memulainya dari surat-surat pendek di Al Quran.

Mulai dari surat pendek ini, nantinya kita juga akan belajar tentang panjang pendek suatu huruf. Jika sudah lancar, lanjutlah ke surat yang lebih panjang, ya.

6. Belajar dengan Kesungguhan

Setelah mempelajari dan membiasakannya, maka lakukanlah semuanya dengan bersungguh-sungguh. Karena seperti yang kita tahu, bahwa belajar Al Quran bukan hanya sebuah kebiasaan baik tapi juga mendatangkan pahala.

Selain itu, mintalah masukan atau pendapat orang terpercaya tentang bacaan kita selama ini. Meskipun sudah belajar, tidak menutup kemungkinan ada beberapa kesalahan meskipun hanya kecil.

7. Konsisten

Untuk tetap menjaga ilmu tersebut, tentu saja kita butuh ketekunan untuk mengamalkannya. Itulah mengapa, teman-teman juga bisa membuat jadwal rutin untuk mengaji dan mempelajari kembali ilmu-ilmunya.

Quran Belajar : Aplikasi Al Quran User Friendly

Quran Belajar Aplikasi Al Quran User Friendly

Salah satu aplikasi Al Quran yang bisa teman-teman gunakan adalah Quran Belajar. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store, ya.

Ingin tahu kenapa aplikasi ini cocok digunakan untuk kita? Mari kita lihat kelebihan-kelebihan yang diberikan aplikasi Al Quran gratis yang satu ini.

1. Riwayat Mengaji

Tidak perlu khawatir sampai mana bacaan kita, karena di aplikasi ini ada fitur histori, dengan demikian kita bisa menemukannya lanjutannya tanpa kesusahan.

2. Tersedia Tampilan untuk Hafalan

Ingin belajar Al Quran sekaligus menghafal? Bisa!

Pada tampilan futur hafalan, akan ada 8 blok warna pada setiap halamannya yang memudahkan penanda hafalan.

3. Tampilan Masing-masing Halaman

Tentu saja aplikasi Al Quran ini terdiri dari tampilan per halaman. Sehingga huruf-huruf terlihat lebih jelas.

Selain itu, aplikasi ini juga tersedia dalam bahasa latin yang juga bisa memudahkan kita untuk mengecek benar salahnya bacaan.

4. Arti Tiap Kata Beserta Tajwidnya

Fitur ini juga akan memudahkan kita dalam memahami Al Quran dengan lebih mudah.

5. Mushaf Madinah

Aplikasi Al Quran ini menggunakan tampilan mushaf Madinah dan termasuk juga hukum tajwid di dalamnya.

6. Fitur Pencarian

Ingin mencari terjemahan tertentu? Ini adalah solusinya.

7. Rekaman Tilawah Para Qori

Kita bisa mendengarkannya kapan saja dan di mana saja. Ada banyak audio Qori yang bisa kita pilih.

8. Waktu Sholat

Ini akan memudahkan kita dalam mengatur waktu ketika sedang beraktivitas, jadi bisa tetap sholat tepat waktu.

9. Arah Kiblat

Sedang tidak di mushola atau masjid dan bingung dengan arah kiblat. Cukup letakkan ponsel kita di medan datar dan tunggu arah kiblat yang tepat.

Bagaimana? Bukankah lengkap sekali segala fitur yang ada di Belajar Quran ini? Segala kelebihan terkait kegiatan di atas, juga di sebut dengan Al Quran Gratis! Karena semuanya adalah jenis-jenis Al Quran yang bisa kita gunakan.

Apakah teman-teman tahu, jika Belajar Quran adalah aplikasi Al Quran di Indonesia yang satu-satunya Quran hafalan dan Quran belajar latin di Indonesia? Bagaimana? Tertarik ingin menggunakannya? Langsung unduh di Play Store yaaa

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.