Ragam Trend Bisnis Kopi di Indonesia

6 Alasan Bisnis Kopi Anda Harus Menggunakan Aplikasi Qasir

Diposting pada

Bisnis kopi saat ini sedang menjadi trend. Terlebih hampir semua masyarakat Indonesia pecinta kopi. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya konsumsi kopi nasional di Indonesia, yaitu mencapai 249.800 ton pada tahun 2016. Sementara di than 2018, konsumsi kopi meningkat menjadi 314.400 ton kopi.

Data yang diambil dari pusat data dan sistem informasi Kementerian Pertanian tersebut berdampak pada meningkatnya produksi kopi di Indonesia yang mencapai 15 sampai 20 persen. Meningkatnya jumlah produksi kopi ini membawa peningkatan di jumlah konsumen kopi yang mencapai 370.000 ton di tahun 2021.

Ragam Trend Bisnis Kopi di Indonesia

Ragam Trend Bisnis Kopi di Indonesia

Peminat kopi yang makin meningkat dari tahun ke tahun membuat banyak orang ingin berbisnis kopi dengan membuka kedai kopi. Barista bisa jadi salah satu profesi yang berhubungan dengan kopi. Namun bukan hanya itu yang bisa dilakukan dengan kopi. Ada beragam bisnis yang bisa dilakukan dengan bahan utama kopi.

Baca Juga : 5 Kelas Prakerja Best Seller di Skill Academy

Beberapa ragam bisnis kopi yang bisa dijalankan di era digital ini diantaranya :

1. Jual Biji Kopi

Biji kopi bisa didapatkan dari petani kopi langsung. Harganya juga lebih terjangkau karena dari tangan pertama. Kegiatan seperti ini bisa dijadikan bisnis dengan menjual kembali kopi dari petani ke kedai kopi yang ada. Atau bisa juga mengolahnya sendiri, lalu membrandingnya agar terlihat lebih berkelas.

2. Cold Brew

Cold Brew adalah sebuah teknik penyajian kopi dengan cara menyeduhnya menggunakan air bersuhu ruangan atau air dingin selama 12 sampai 24 jam. Teknik cold brew ini bisa dijadikan usaha baru di bidang kopi tanpa perlu kedai. Cukup menyediakan alat untuk melakukan cold brew atau cold drip dan kemas kopi dengan menarik. Lalu Anda bisa memasarkannya melalui media sosial yang dimiliki. Praktis dan ekonomis.

3. Gerobak Kopi

Gerobak kopi juga menjadi salah satu jenis usaha di bidang kopi yang bisa dilirik. Terutama untuk menjual kopi kekinian yang saat ini punya beragam bentuk dan variasi. Dengan berbekal kreativitas yang tinggi, ide berbisnis di bidang kopi bisa juga mendatangkan manfaat.

4. Coffee Shop

Coffee shop saat ini sedang menjamur. Jumlahnya seiring dengan bertambahnya peminat kopi yang ada di Indonesia. Untuk membuat pengunjung betah, pemilik coffee shop bisa membuat tempat yang menarik dan instagramable. Jadi bukan hanya kopi yang dijual, tapi juga suasana kedai dan juga keramahan. Tambahkan menu lainnya untuk menambah minat pengunjung berlama-lama di kedai kopi Anda.

Download Aplikasi Qasir untuk Usaha Kopi

Download Aplikasi Qasir untuk Usaha Kopi

Menjalankan bisnis kopi memang membutuhkan skill yang tajam, selain itu juga kreativitas dan kemampuan berbisnis yang baik. Selain itu kemampuan mengolah bisnis juga menjadi pertimbangan yang patut diperhatikan. Seperti mengecek berapa jumlah kopi yang dipesan, berapa banyak produksi yang dihasilkan, berapa yang terjual dan lain sebagainya.

Butuh pencatatan untuk merekam semua kegiatan produksi dan transaksi jual beli. Jika dilakukan secara manual, bisa dibayangkan berapa banyak tenaga dan waktu yang akan dihabiskan. Belum lagi faktor human eror yang kerap terjadi ketika kita berada di titik lelah. Saatnya membutuhkan aplikasi Qasir untuk menangani semua masalah.

Seperti namanya, aplikasi Qasir adalah software digital yang perannya sama dengan mesin kasir pada umumnya. Hanya saja aplikasi Qasir terlihat lebih modern dan canggih karena dijalankan oleh sebuah aplikasi. Peran utamanya untuk menyediakan platform Point Of Sales (POS) yang diperuntukkan usaha mikro, usaha kecil sampai menengah.

Point Of Sales (POS) sendiri adalah kegiatan transaksi yang berada di tempat. Point Of Sales ini menjadi alasan pentingnya aplikasi Qasir untuk usaha Kopi Anda, karena :

1. Fitur Kelola Produk yang Fleksibel

Produk kopi harus bisa dikelola dengan baik. Berapa jumlah biji kopi yang dibeli dari petaninya langsung, berapa yang dikemas dan diproduksi sendiri, berapa hasil penjualan dan masih banyak lagi yang bisa dicatat. Fitur kelola produk mempermudah pebisnis kopi untuk mengelola produknya dengan cara yang praktis.

2. Ada Program Loyalty Untuk Pelanggan

Setiap transaksi menggunakan aplikasi Qasir, ada data pelanggan yang tersimpan di dalamnya. Dengan demikian, pemilik usaha bisa melihat siapa saja pelanggan yang sering datang ke tokonya dan siapa saja yang paling sering melakukan transaksi. Pemilik usaha bisa memberikan reward berupa diskon atau promo tertentu kepada pelanggannya yang setia.

Program loyalty seperti ini tentu saja disukai oleh pelangganya. Sehingga memicu mereka untuk kembali membeli produk atau bahkan merekomendasikan ke teman-temannya untuk berkunjung juga.

3. Menerima Pembayaran Digital

Aplikasi Qasir sudah menerima segala macam pembayaran digital. Mau pakai gopay, shopee pay, DANA, kartu debit atau pembayaran digital lainnya. Transaksi pembayaran digital seperti ini mempermudah proses transaksi dan lebih aman, karena tidak melibatkan uang cash secara langsung.

4. Memiliki Fitur Pajak dan Diskon

Fitur pajak dan diskon terlihat di struk belanja. Baik struk yang sudah dicetak maupun struk yang masih ada di dalam aplikasi. Pemilik usaha tidak perlu lagi mencatatnya secara manual, karena akan terhitung secara otomatis berapa pajak dan diskon yang ada pada barang yang dijual. Praktis kan.

5. Bisa Memantau Karyawan dan Kas Dari Jauh

Keluar masuknya kas bisa dilihat dari jauh melalui aplikasi Qasir. Tak perlu berada di tempat usaha untuk mengawasinya. Sudah ada aplikasi Qasir yang memantau berapa kas keluar dan kas masuknya. Pemilik usaha pun lebih tenang berada di luar tempat usaha.

6. Fitur Belanja Grosir

Mau menambah kesan baik bagi pelanggan kopi. Tambahkan saja menu spesial untuk pembelian berapa kopi misalnya. Kenyamanan ini tentu saja disukai pelanggan dan membuat pelanggan kembali lagi karena merasa betah dan nyaman. Untuk tambahan menu tersebut, pemilik bisa membuatnya lewat fitur belanja grosir.

Fitur ini juga bisa digunakan untuk memberikan reward bagi pembeli yang membeli dalam jumlah banyak. Harga yang diberikan bisa harga grosir, ditambah dengan bonus lainnya yang bisa ditentukan sendiri oleh pemilik.

Aplikasi Qasir terbukti sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis kopi. Karenanya segera download aplikasi Qasir untuk mempermudah mengelola bisnis kopi. Bisnis berjalan lancar, omset pun meningkat tajam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.