situs belajar programming, situs belajar programming gratis, situs belajar programming indonesia, situs belajar programming online, situs belajar web programming, situs untuk belajar programming,

5 Situs Programming Untuk Referensi Belajar Pemrograman

Diposting pada

5 Situs Programming Untuk Referensi Belajar Pemrograman – Tutorial internet dan pemrograman sangat penting digunakan untuk siapa saja yang ingin belajar bahasa pemograman. Meskipun banyak yang belajar lewat sekolah khusus dan biaya yang tidak sedikit, panduan berupa tutorial tetap diperlukan untuk mempermudah pemahaman.

Belajar bahasa pemograman saat ini penting di dunia yang makin digital. Apalagi semua serba aplikasi dan instan. Lihat saja di smartphone kita, beragam aplikasi muncul dengan menawarkan beragam kemudahan. Semua itu dibuat dengan coding loh.

Coding dan Programming

Coding dipelajari dalam programming, artinya ketika belajar programming, kita juga belajar tentang coding. Jadi antara coding dan programming tidak bisa dipisahkan satu sama lain meskipun arti keduanya berbeda.

Jika coding adalah proses penulisan kode yang disesuaikan dengan aturan penulisan pada bahasa pemrograman, maka programming adalah proses keseluruhan dalam membangun sebuah program komputer dari awal hingga akhir.

Jadi dalam programming, kita juga mempelajari soal coding, analisa data, cara membuat konsep dan mengimplementasikannya dalam sebuah algoritma, memecahkan masalah yang terjadi hingga memahami struktur dari data yang ada.

Secara sepintas, mempelajari pemrograman terlihat sangat sulit karena ada beberapa bahasa pemrograman yang harus dikuasai. Tapi bagi yang mencintai dunia IT, belajar bahasa pemrograman akan menjadi kesenanangan dan prestasi tersendiri. Apalagi saat ini kemampuan pembuat program sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan. Potensi karirnya sangat bagus.

Cara Memanfaatkan Tutorial Internet dan Pemrograman

Bagi pemula, belajar pemograman terlihat seperti momok yang menakutkan. Kita harus menghafalkan bahasa pemrograman dengan angka kombinasi yang membuat pusing kepala. Belum lagi pemahaman kode yang harus diulang berkali-kali untuk bisa menguasainya.

Di sinilah perlunya tutorial internet dan pemrograman. Gunanya untuk membantu kita memahami ilmu pemrograman. Untuk itu sebelum memutuskan belajar pemrograman, kita harus bisa menentukan beberapa hal berikut ini :

1. Alasan Belajar Pemrograman

Alasan kuat dan tepat saat memutuskan belajar pemrograman, akan menentukan keseriusan kita selama belajar. Jika jika asal-asalan atau hanya ikut-ikutan saja, sebaiknya dipikirkan ulang untuk belajar pemrograman karena memang sulit dan dibutuhkan fokus yang tinggi.

Setelah niat belajar memang ada, fokus yang selanjutnya harus dimatangkan adalah tujuan belajarnya. Apakah untuk website, aplikasi atau software. Penentuan ini juga penting untuk membuat kita belajar sesuai dengan arah tujuan awal. Sehingga hasilnya pun sesuai dengan harapan.

2. Tentukan Bahasa Pemrograman yang Akan Dipakai

Ada banyak bahasa pemrograman yang digunakan saat kita belajar programming. Misal untuk pembuatan website, bahasa pemrograman yang dipakai adalah HTML dan CSS. Pemilihan ini penting agar selama belajar kita bisa fokus dalam mengerjakannya

3. Pelajari Struktur Data dan Algoritmanya

Struktur data dalam programming membutuhkan pemahaman ekstra. Algoritmanya harus dipelajari dengan benar agar kode yang dimasukkan tidak salah. Kesalahan dalam memasukkan kode akan berakibat gagalnya program yang sedang dibuat. Permasalahan yang timbul pun harus bisa diatasi. Karena itu setelah memahami soal pengkodean, kemampuan menyelesaikan masalah pun diperlukan selama proses belajar.

4. Mau Belajar

Belajar pemrograman membutuhkan kejelian dan ketekunan yang tinggi. Trial and error pasti terjadi dan itu membutuhkan kesabaran kita. Jangan mudah menyerah dan teruslah berusaha. Atasi semua masalah yang terjadi dan terus memperbaiki diri.

5. Portofolio

Cara yang paling tepat untuk terus mengembangkan diri adalah mempraktekkan langsung tutorial internet dan pemrograman yang kita punya. Dengan praktek langsung, kita akan tahu dimana kesalahannya dan kita dituntut untuk terus memperbaikinya. Buatlah proyek untuk menguji kemampuan kita. Lalu catat hasilnya, sampai berhasil. Setelah berhasil, bisa dijadikan portofolio yang berguna untuk karir di perusahaan.

Situs Programming yang Memberikan Tutorial Komputer Terlengkap

situs belajar programming, situs belajar programming gratis, situs belajar programming indonesia, situs belajar programming online, situs belajar web programming, situs untuk belajar programming,

Belajar pemrograman saat ini bisa dilakukan secara mandiri. Banyak situs programming yang memberikan tutorial komputer terlengkap yang bisa kita pelajari sendiri di rumah. Berikut ini ada beberapa rekomendasi situs yang bisa kita kunjungi untuk belajar pemrograman.

1. BitDegree

BitDegree adalah situs yang menawarkan pembelajaran programming hingga game development. Ada 2 kursus yang ada di BitDegree, yaitu kursus online standart dan juga kursus gamifikasi.

Bahasa pemrograman yang dipakai dalam BitDegree juga bermacam-macam, yaitu HTML, CSS, PHP, Javascript, SQL serta JQuery. Tentukan saja bahasa pemrograman mana yang ingin kita pelajari dan kita pun bisa langsung mulai belajar.

2. Coursera

Coursera adalah situs yang menawarkan belajar programming lewat kursus, tutorial komputer terlengkap serta resource dengan basis coding. Pengajarnya langsung didatangkan dari pengajar dari beberapa universitas yang ternama. Ditambah adanya kerjasama dengan sejumlah universitas, membuktikan bahwa Coursera bisa jadi rekomendasi yang baik untuk tempat belajar coding dan pemrograman.

Beberapa jenis kursus yang ditawarkan di Coursera diantaranya : Python, Java, HTML dan CSS, loT Programming, C Language serta Introduction to programming

3. Code Academy

Code Academy bisa jadi termasuk situs yang banyak dicari orang. Ada lebih dari 24 juta orang bergabung di dalamnya untuk belajar coding secara gratis. Beragam kursus coding tersedia di sini, mulai dari pemrograman tingkat dasar sampai tingkat lanjut.

Dengan total durasi lebih dari 300 jam, Code Academy terbukti punya lebih banyak pengalaman dalam memberikan tutorial komputer terlengkap yang bisa kita pelajari secara mandiri. Metode belajarnya juga menyenangkan dan interaktif, sehingga kita bisa langsung praktek setelah mendapatkan materinya.

Code Academy memiliki beberapa bahasa pemrograman yaitu, HTML, Javascript, CSS, jQuery, PHP, Ruby dan juga Python.

4. edX

Tutorial komputer terlengkap juga tersedia di situs edX. Karena selain bahasa pemrograman, edX juga memberikan materi ilmu komputer lainnya. Semua ada di kategori computer science.

Bahasa pemrograman yang digunakan di edX diantaranya : HTML, CSS, Javascript, jQuery, Python, C++, C#, SQL serta Mobile App Development. Kursus yang disediakan di edX ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Bagi pemula, penguasaaan kode coding dasar bisa dinikmati secara gratis dan menyenangkan. Buktinya sudah ada 5 juta orang yang bergabung di dalamnya. Rekomended kan.

5. Sahretech.com

Sahretech.com adalah situs tempat belajar pemrograman yang dilengkapi dengan tutorial komputer terlengkap yang seru. Selain materi dalam bentuk kode dan tutorial internet dan pemrograman, Sahretech.com juga menyertakan beragam studi kasus untuk dipecahkan bersama.

Ada juga source code yang bisa dimanfaatkan siswanya dengan mengotak-atiknya sesuai dengan studi kasus yang dihadapi. Metode seperti ini sangat efektif untuk belajar pemrograman karena kita bisa tahu kesalahan yang biasa dialami programmer dan belajar mengatasinya.

Nah dari situs di atas, mana nih yang jadi pilhanmu untuk belajar pemrograman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *