5 Fungsi Mesin Laminating Pada Percetakan

5 Fungsi Mesin Laminating Pada Percetakan – Jika mendengar nama mesin laminasi, pasti yang terpikir oleh kita adalah percetakan. Tidak ada salahnya, karena mesin laminasi biasanya memang ada di percetakan. Fungsi utamanya adalah untuk melaminasi atau melapisi dokumen penting menggunakan pastik laminasi.

Apakah manfaat dari mesin laminating hanya itu saja. Tentu saja tidak. Masih banyak lagi fungsi dari mesin laminating yang sangat bermanfaat untuk menjaga dokumen penting. Salah satunya untuk melapisi dokumen atau benda menggunakan plastik laminasi yang aman dan tahan air.

[toc]

Apa yang dimaksud Mesin laminasi?

Mesin laminasi disebut juga dengan mesin laminating yaitu mesin yang digunakan untuk memberi perlindungan kepada benda yang ingin dilaminasi dengan menggunakan plastik laminating. Tujuannya untuk melindungi benda tersebut dari kerusakan yang mungkin saja bisa terjadi di luar, seperti kena air, jatuh, sobek dan lain-lain.

Plastik laminasi yang digunakan juga bukan sembarang plastik. Melainkan plastik tebal yang bisa menempel kuat pada produk yang dilapisi. Plastik ini tahan air dan bisa membuat benda menjadi awet serta tahan lama.

Plastik laminasi mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda. Perbedaan tersebut disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan benda yang akan dilaminasi, diantaranya :

1. Ketebalan plastik 100 mikron

Ketebalan plastik laminating ini yang paling umum dipakai di mesin laminating. Bentuknya tipis tapi mampu melapisi dokumen dari kertas dengan kuat. Benda yang bisa dilaminaing dengan plastik laminating dengan ketebalan 100 mikrometer ini diantara piagam, sertifikat, kertas dan sejenisnya.

2. Ketebalan plastik 150 mikron

Ketebalan plastik laminating 150 mikron cocok untuk melapisi benda yang juga memiliki ketebalan lebih banyak dari kertas. Contohnya banner, buku menu di kafe dan restorant serta benda lainnya yang sejenis. Plastik ini nampak lebih tebal dan mampu melindungi benda lebih awet.

3. Ketebalan plastik 250 mikron

Ketebalan plastik 250 mikron dugunakan untuk benda-benda dengan ketebalan yang juga lebih tinggi. Tujuannya biasanya khusus, sehingga membutuhkan mesin laminating yang khusus juga. Mesin laminating khusus ini biasanya ada di percetakan besar yang memang menyediakan fasilitas laminating di segala kebutuhan.

Fungsi dari Mesin Laminating

mesin laminating

Seperti yang tertera pada pengertiannya, mesin laminasi punya fungsi yang utama sebagai pelapis suatu benda agar awet dan tahan lama. Lebih dari itu, mesin yang didesain khusus dengan ketelitian dan fungsionalitas yang tinggi ini dirancang agar mudah dioperasikan. Bahannya dari material plat besi yang kuat dan kokoh. Dengan suku cadang yang prima dan berkualitas, menjadikan mesin laminating andalan untuk kegaiatan laminasi di percetakan.

Hasil laminasinya pun cepat dan hemat energi. Hal inilah yang memunculkan kegunaan lain dari mesin yang juga ramah lingkungan ini, diantaranya :

1. Melapisi atau melaminasi produk menggunakan plastik

Fungsi yang pertama ini termasuk fungsi utama dari mesin laminating. Yaitu memberi lapisan atau melapisi sebuah produk dengan menggunakan plastik laminasi. Plastik yang digunakan untuk laminasi pun termasuk plastik khusus yang dipanaskan melalui mesin laminating, sehingga bisa menebal dan menempel kuat pada benda yang dilapisi tadi.

Caranya dengan menempelkan plastik ke benda yang ingin dilapisi. Lalu benda dimasukkan ke mesin laminating yang sudah disetel temperaturnya. Setelah selesai, plastik pun akan menempel kuat ke benda dan kaku.

2. Melindungi benda agar tidak terkena air dan rusak

Fungsi lainnya dari mesin laminating adalah melindungi benda dari air. Apalagi jika benda yang dilaminasi adalah kertas yang mudah rusak jika terkena air. Plastik yang menempel kuat pada kertas bersifat tahan air. Dengan begitu kertas pun tetap aman, meskipun ketumpahan air. Air akan terhalang plastik laminasi dan tidak sampai merusak kertas.

3. Memberi keamanan pada benda dari kerusakan

Benda yang bisa dilaminasi menggunakan mesin laminasi kebanyakan adalah dari jenis kertas. Tapi tidak menutup kemungkinan benda lain untuk dilaminasi juga. Seperti KTP, banner, menu makanan, sertifikat, piagam, dan berbagai item lainnya.

Lapisan kertas yang menempel kuat pada benda, akan melindungi benda dari kerusakan yang diakibatkan benda-benda di luar. Seperti air, sobekan tangan manusia, jatuh ke lumpur dan kerusakan lainnya. Sifat plastik yang anti air, membuat benda terlindungi maksimal dan aman.

4. Membuat benda lebih awet dan tahan lama

Perlindungan yang diberikan oleh mesin laminating kepada suatu benda, tentu saja akan membuat benda tersebut awet dan tahan lama. Alasannya karena plastik pelindung yang menempel kuat pada benda akan menolak air, lumpur, sobekan tangan manusia dan segala hal yang bisa merusak benda tersebut.

Benda yang dilaminasi, tentu saja akan membuat benda tersebut awet dan tahan lama serta tidak mudah rusak.

5. Membuat penampilan benda nampak lebih rapi

Fungsi lainnya dari mesin laminasi adalah membuat penampilan benda lebih rapi dan enak dipandang. Bandingkan jika sebuah ijazah atau piagam penghargaan tidak dilaminasi. Kemungkinan untuk lecek karena tertetuk dan sobek akan lebih besar. Sementara jika dilaminasi, benda akan tetap tegak dan tidak mudah ditekuk. Akibatnya penampilanya pun jadi lebih rapi.

Mesin Laminating di Maxipro

Mesin laminating bisa kita temui di banyak percetakan yang ada di sekitar kita. Gunanya untuk melaminasi dokumen penting seperti piagam, sertifikat, KTP dan lain-lain. Salah satu percetakan yang menyediakan mesin laminasi yang handal adalah maxipro.

Maxipro adalah distributor mesin percetakan yang ada di Indonesia. Mesin yang tersedia pun lengkap dan handal. Cocok untuk segala kebutuhan di dunia percetakan. Mau mencari mesin laminating yang handal dengan harga terbaik. Mesin laminasi hanya di Maxipro yang bisa menjawab kebutuhan Anda.

Tinggalkan komentar