4 Obat Diare Alami Secara Turun Temurun

Diposting pada

Diare pada anak bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti karena infeksi bakteri pada saluran pencernaannya dan juga karena alergi makanan. Diare akan membuat anak kehilangan banyak cairan dan nutrisi penting dalam tubuhnya, sehingga butuh obat diare alami yang bisa digunakan untuk meredakan sakitnya itu.

Mengapa harus yang alami, sebab sebagai orangtua tentu menginginkan hanya yang terbaik dan paling aman yang diberikan untuk anak. Jika dibiasakan sejak kecil mengosumsi hanya yang berasal dari alam dan alami, maka hingga dewasa pun lebih memilih berbagai produk alami yang jelas amannya. 

4 Obat Diare Alami Secara Turun Temurun

4 Obat Diare Alami Secara Turun Temurun

Berikut adalah 4 obat diare alami untuk anak yang sudah digunakan secara turun temurun, silahkan disimak:

Daun Jambu Biji

Untuk obat diare alami yang bisa dikonsumsi anak adalah daun jambu biji. Bahkan sejak zaman dahulu kala, daun jambu biji ini manjur untuk mengatasi diare. Dengan memiliki rasa sepat, daun jambu biji ini memang dipercaya mampu untuk mengatasi diare, dan sekarang sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian medis. 

Bagaimana cara membuat ramuan obat diare ini? Caranya dengan memilih lima lembar daun jambu yang masih muda, kemudian dicuci dengan menggunakan air mengalir supaya kotoran yang menempel bisa hilang. Setelah itu tumbuklah daunnya, setelah itu diperas sarinya dan campur dengan sejumput garam. Berikan pada si kecil sebanyak tiga kali dalam sehari, sampai diarenya mereda.

Oralit

Obat lainnya yang sudah terkenal turun temurun adalah oralit, biasa digunakan untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena terlalu banyak buang air besar. Biasanya tersedia dalam kemasan sachet, bubuk oralit diseduh dengan air hangat dan diberikan pada anak yang diare. 

Membuat oralit sendiri juga bisa, lho. Caranya dengan menyiapkan 100 cc air hangat kuku, lantas masukkan sesendok teh gula juga masukkan satu sendok teh garam, diaduk-aduk sampai merata. Setelah itu berikan pada anak di atas satu tahun saja, jika anaknya kurang dari satu tahun tidak boleh mengonsumsi oralit kecuali dengan saran dari dokter terkait. 

Teh Hitam 

Selain semua obat yang telah disebutkan di atas, obat diare alami lainnya adalah teh hitam. Di dalam teh hitam terkandung asam tanat, memiliki khasiat sebagai obat yang mampu melawan infeksi dalam sistem pencernaan, termasuk diare. 

Sehingga Anda bisa memberikan anak teh hitam tanpa gula, sampai dengan tiga cangkir dalam satu hari. Hentikan jika gejala diarenya sudah mereda.

Buah Pisang

Ternyata dengan adanya kandungan potasium dan pektin di dalam buah pisang, berkhasiat dalam mengeraskan tinja anak yang menjadi lunak karena sedang mencret. Buah pisang dengan segala kandugannya pun mampu kembalikan berbagai elektrolit yang hilang disebabkan oleh BAB terus menerus. 

Jangan memberikan makanan yang bisa memacu gas di dalam perut anak, sebab makanan yang seperti itu bisa memperparah kondisi diare anak. Bahkan bisa menyebabkan sakit perut yang luar biasa, anak pun bisa sangat kesakitan dan rewel.

Obat diare alami lainnya adalah dengan memberikan cairan bernutrisi seperti sop kaldu. Jangan berikan makanan yang berkuah santan, sebab bisa berbahaya karena memperparah diare yang sedang berlangsung.

Setelah anak berhenti diare, orangtua baru bisa memberikan makanan yang lembut supaya sistem pencernaannya bisa beradaptasi. Setelah benar-benar sembuh, barulah anak mengonsumsi makanan yang biasa ia konsumsi sebelumnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *