aplikasi akuntansi accurate online, aplikasi akuntansi online, aplikasi akuntansi online gratis, aplikasi akuntansi online terbaik, aplikasi jurnal akuntansi online, aplikasi untuk akuntansi online, penerapan software akuntansi online sebagai penunjang pencatatan laporan keuangan, software akuntansi online jurnal, software akuntansi online shop, software akuntansi online terbaik, software akuntansi quickbooks online, software akuntansi toko online,

4 Manfaat Aplikasi Akuntansi Online Pada UKM

Diposting pada

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bisnis yang sukses adalah yang mampu mengelola keuangannya dengan baik. Salah satu yang paling terlihat dari catatan keuangan yang rapi setiap bulannya.

Tak hanya penting, catatan keuangan adalah salah satu yang paling penting untuk dilakukan oleh pebisnis ataupun pelaku UMKM.

Jika Anda tidak mempunyai latar belakang pendidikan akuntansi, tak perlu khawatir untuk bisa mencatat keuangan usaha Anda. Anda bisa memanfaatkan aplikasi akuntansi online untuk menulis laporan keuangan usaha yang Anda miliki seperti Jurnal.id.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi online ini, ada beberapa keuntungan akan bisa Anda dapatkan. Namun, sebelum mengetahui manfaatnya, ada baiknya Anda perlu mengetahui tentang dasar-dasar laporan akuntansi untuk keuangan karena sebesar apapun bisnis dan usaha Anda.

Anda tentu wajib menyertakan laporan dasar akuntansi tersebut saat membuat laporan keuangan. Apa saja? Simak selengkapnya dibawah ini ya:

Laporan Dasar Akuntansi UKM

Neraca

Neraca atau laporan posisi keuangan adalah suatu daftar yang menggambarkan tentang aktivitas keuangan, mulai dari catatan debet, kredit, dan modal yang dimiliki suatu perusahaan.

Fungsi neraca adalah Anda sebagai pelaku bisnis bisa mengetahui kesehatan Flow cash keuangan, menganalisis likuiditas dan fleksibilitas bisnis. Selain itu Anda juga akan bisa mengetahui dana tersisa waktu yang akan datang.

Laporan Laba & Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang disusun dalam satu periode akuntansi dan menyajikan seluruh unsur pendapatan serta beban perusahaan. Melalui laporan ini, Anda dapat mengetahui berapa laba bersih dan rugi perusahaan.

Laporan Perubahan Modal

Perubahan modal atau ekuitas adalah laporan yang menjelaskan adanya perubahan modal pemilik pada suatu periode tertentu. Dengan adanya laporan ini akan menjadi jembatan penghubung antara neraca dan laporan laba rugi.

Laporan Arus Kas

Untuk laporan arus kas ini perlu dicatat seperti arus kas masuk dan arus kas keluar dari suatu perusahaan selama periode yang ditentukan. Hal ini dicatat untuk laporan kegiatan operasional investasi juga pembiayaan perusahaan atas dasar kas yang ada.

Setelah mengetahui laporan dasar akuntansi UKM, berikut adalah manfaat aplikasi akuntansi online yang harus dimiliki oleh UKM, diantaranya adalah sebagai berikut

1. Mudah dan Aman

Anda tidak perlu pusing ketika membuat tabel secara manual atau mencari kalkulator untuk menghitung keuangan bisnis Anda, dengan memanfaatkan aplikasi akuntasi online, Anda akan bisa mencatat keuangan dengan mudah dan melakukan pembukuan dengan lebih ringkas.

Tak perlu ribet untuk menggunakan karena aplikasi akuntansi online ini juga menggunakan fitur yang bisa diakses secara offline. Jadi cocok digunakan meskipun Anda masih pemula.

Keamanannya pun cukup terjamin karena laporan akuntansi online ini biasanya menggunakan code dan dilengkapi dengan akses keamanan yang hanya Anda saja yang bisa membukanya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir Ketika harus mengunggah dokumen penting atau bukti transaksi yang sifatnya rahasia perusahaan.

2. Membuat Laporan Keuangan Lebih Rinci

Untuk mendapatkan laporan keuangan diperlukan ketelitian yang baik, sehingga saat terjadi kesalahan pada proses transaksi akan berpengaruh pada hasil akhir laporan keuangan. Untuk itu ada baiknya Anda beralih ke aplikasi akuntansi online yang memiliki algoritma yang sesuai dengan standar akuntansi terkini.

Aplikasi akuntansi keuangan yang Anda gunakan bisa juga untuk mencatat laporan keuangan yang lebih transparan. Disana Anda akan melihat berapa besar aset yang Anda miliki, berapa besar hutang yang harus dibayar dan berapa laba juga rugi perusahaan yang Anda punyai. Fitur yang ada pada aplikasi akuntansi online ini juga tergolong lengkap, termasuk sortir berdasarkan periode atau jenis transaksi.

3. Sistem Otomatis dan Hemat Waktu

Waktu yang dibutuhkan untuk mencatat laporan keuangan tidaklah sedikit. Dengan aplikasi online yang sudah menyediakan template dan format yang cocok, bisa membantu Anda melaporkan keuangan yang lebih baik dalam waktu yang sangat singkat.

Beberapa diantaranya juga sudah menghadirkan fitur otomatis seperti pengiriman invoice langsung ke pelanggan dan pencatatan rutin lainnya. Sehingga anda pun tidak membutuhkan waktu lembur hanya untuk mengerjakan laporan keuangan bulanan atau tahunan.

4. Mengetahui Cash Flow Lebih Rinci

Tanpa menggunakan aplikasi mungkin akan terasa sulit untuk mengecek cash flow perusahaan. Inilah salah satu manfaat utama dari menggunakan aplikasi akuntansi online untuk membuat sebuah laporan keuangan.

Anda bisa mengetahui kapan harus mengajukan pinjaman modal yang bisa digunakan untuk menambah modal perusahaan Anda.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi online arus kas usaha Anda akan selalu terkontrol dan ini akan mempermudah pengajuan pinjaman usaha Anda.

Aplikasi online tidak hanya digunakan untuk menyusun laporan keuangan saja melainkan aplikasi ini dapat digunakan untuk pengajuan pinjaman untuk perusahaan Anda. Semoga bermanfaat ya.